Kamis, 26 November 2015

GEHU SEHAH/HOT JELETOT/TAHU ISI PEDAS



Assalamualaikum wrwb.
Gorengan.... sudah pasti ini jadi camilan favorit saya, paling pas dimakan pakai cabe rawit, dicocol saus sambel atau disiram sambel kacang. Hmm... mantap. Tapu kalau gorengan yang saya buat ini dijamin gak perlu pakai tambahan cabe atau sambal lagi, karena super pedas. Tahu isi atau ada juga yang bilang tahu berontak ini untuk isiannya dibuat pedas, namanya pun jadi berubah. Ada yang menyebutnya "tahu jeletot" yang artinya sensasi dasyatnya pedas saat menggigit tahu ini, dan ada juga yang bilang "gehu sehah". Gehu itu singkatan dari tauge dan tahu sedangkan sehah itu reaksi saat kepedasan, biasanya saking gak kuatnya nahan pedas tangan kita kibas-kibaskan  dimulut sambil bilang hah...hah....hah gitu. Denger namanya lucu-lucu banget yaa... dan memang sebanding dengan rasa tahu isi pedas ini. Masih kurang pedas? yakin? yo monggo tambah cabe rawit, tapi hati-hati yaa... untuk yang itu saya gak tanggung jawab hehee.

Bahan-bahan :
15 buah tahu kulit kotak
100 gram tauge, 
2 buah wortel, diiris korek api 
1 buah daun bawang iris halus
100 gram udang giling

1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

1 sdm saus tiram (optional)
minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
15-20 cabe rawit merah

Bahan Pelapis:
100 gram tepung terigu protein sedang
20 gram tepung sagu
1 sendok makan tepung beras
1/2 sdt garam
1/4 sdt ketumbar bubuk
Air secukupnya


Cara membuat :
  1. Iris salah satu sisi tahu, keluarkan sebagian isinya untuk dicampur dengan bahan isian (satu sisinya saja). Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan udang, wortel dan isian tahu aduk rata. Tambahkan garam, merica, gula pasir dan saus tiram, aduk kembali.
  3. Masukan tauge dan daun bawang, aduk sebentar lalu angkat.
  4. Campur semua bahan pelapis sampai licin dan kental. Isi tahu dengan bahan isian hingga penuh, celupkan kedalam adonan pelapis hingga tertutup rata.
  5. Goreng dalam minyak panas diatas api sedang hingga kecoklatan dan matang. Angkat, tiriskan. Sajikan hangat.




Tidak ada komentar: