Sabtu, 14 November 2015

ROTI BOY/MEXICAN COFFEE BUN



Bismillah. Akhirnya bikin roti lagi yeee..... Udah lama nggak bikin roti, sekalinya bikin ya roti favoritnya kaka sama ade ini. Siapa sih yang enggak kenal roti yang satu ini, jangankan anak-anak wong mamanya aja doyan hehee. Masih pake resep yang biasa saya buat yaitu menggunakan metode water roux, selalu puas dengan hasil water raux ini roti jadi lembut dan empuk. Satu resep ini jadinya lumayan banyak, untuk isian saya isi dengan butter dan coklat spread.

MEXICAN COFFEE BUN/ROTI BOY

Water roux :
- 25 gr tepung terigu protein tinggi
- 125 ml air

Campur air dan tepung terigu dalam panci, aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental jangan sampai mendidih. tandanya apabila diaduk dengan sendok akan terbentuk jejak sendok di dasar panci.

Bahan :
- 200 gr tepung protein tinggi
- 100 gr tepung protein sedang
- 60 gr gula pasir
- 1 sdm susu bubuk full cream
- 1 butir telur
- 5 gr ragi instant
- 100 gr water roux
- 50 ml air hangat
- 40 gr margarin
- 1/2 sdt garam

Topping :

50 gr mentega
50 gr gula halus
1 butir telur
60 gr terigu protein sedang
15 gr susu bubuk instant
1 sdm kopi bubuk hitam, larutkan dengan 1 sdm air panas dinginkan.
1sdt pasta kopi susu, saya pakai pasta kopi moka

Filling :
Salted butter/mentega asin beku. potong dadu kira-kira 10 gram

Cara membuat :
  1. Campur terigu, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir aduk rata.
  2. Tambahkan water roux, kuning telur, putih telur dan air hangat sedikit demi sedikit sampai diuleni hingga adonan kalis.
  3. Tambahkan mentega dan garam uleni lagi hingga kalis elastis, adonan mulus, licin dan  adonan tidak mudah sobek saat ditarik.
  4. Simpan dalam wadah yang sudah diolesi sedikit minyak dan tutup dengan serbet lembab atau plastik warp diamkan kira-kira 45-60 menit sampai adonan mengembang 2kali lipat.
  5. Kempeskan adonan uleni lagi sebentar lalu timbang masing-masing 30-40 gram, bulatkan dan diamkan selama 10 menit.
  6. Pipihkan adonan beri isian butter beku rapatkan dan bulatkan lalu simpan dalam loyang yang sudah diolesi mentega tipis diamkan 30-40 menit sampai mengembang.
  7. Cara membuat adonan topping : kocok mentega dan gula halus sampai benar-benar lembut tambahkan telur kocok rata.  Masukan terigu dan susu bubuk aduk rata. Masu larutan kopi hitam dan pasta kopi aduk rata.  Masukan dalam kantong segitiga/piping bag simpan dalam kulkas sampai siap digunakan.
  8. Panaskan oven 200'C, semprotkan topping secara melingkar dari tengah dengan cara diputar terus seperti obat nyamuk diatas permukaan roti sampai 3/4 bagian saja.
  9. Panggang roti selama 10-12 menit sampai permukaan roti mengering. Angkat dan sajikan selagi hangat. 
Selamat mencoba.... happy baking....




1 komentar:

jeani apriyanti mengatakan...

Mba, fotonya bikin ngenceeeesss...btw gmn ya caranya bikin isian dlm coklatnya biar bs meleleh gt mba...yg di masukin coklat masak ya mba...