Rabu, 30 Desember 2015

ROTI KENTANG ISI KEJU SUSU



Assalamualaikum.

Waktu awal-awal punya bread maker rajin banget bikin roti, sampai roti tawar aja bikin sendiri. Jadi pas subuh tuh saya udah masukin semua bahan kedalam bread maker, setel pilihan basic terus tinggal tunggu roti tawarnya mateng. Jadilah pagi itu sarapan dengan roti tawar homemade hot from the bread maker. Resep roti tawar bisa dilihat disini, ada juga roti tawar coklat dan roti tawar zebra. Semakin kesini semakin jarang bikin roti, sampe pernah ditanya sama si ayah kenapa itu bread maker kok nganggur aja. Jadi merasa kesindir deh hehee... hayulah kita ngeroti lagi...

Potato buns atau roti kentang ini masih jadi favorit saya. Kalau suka roti yang lembut dan empuk roti dengan campuran kentang kukus ini  wajib dicoba. Syaratnya kentang kukus yang dihaluskan harus benar-benar halus jangan sampai masih ada bagian yang kasar/bergerindil, karena ini akan mempengaruhi tekstur roti. Adonan pada awalnya memang lembek tapi setelah diulenin terus sampai kalis adonan jadi elastis dan tidak menempel ditangan. Untuk isian roti bisa disesuaikan dengan favorit keluarga, nggak pake isian aja udah enak kok. Serius. Tapi untuk kali ini saya membuat roti kentangnya pakai filling keju susu sesuai dengan request anak-anak tentunya.







POTATO BUNS (ROTI KENTANG)

Bahan roti :
100gram kentang kukus, haluskan
200gram terigu protein tinggi
100gram terigu protein sedang
6gram ragi instan
65gram gula pasir
10gram susu bubuk full cream
1 sdt vanila bubuk
2 kuning telur
125mlair es/susu cair dingin, gunakan sesuai kelembaban tepung
1/2 sdt garam
35gram margarin 

Bahan isian :
75 gr margarin
100 gr keju cheddar parut
25 gr gula halus
75 gr susu bubuk
25 gr tepung terigu
campur semua bahan aduk sampai berbentuk butiran kasar

Polesan:
susu cair
margarin

Topping vla vanila :
1 btr kuning telur
25 gr tepung Maizena
250 ml susu segar
40 gr gula pasir

Cara membuat vla vanila :
Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, tambahkan kocok kuning telur, aduk rata sisihkan. Didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut. Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat sampai rata, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat, dinginkan.

Cara membuat roti :
  1. Dalam wadah besar, satukan terigu, gula, ragi bubuk dan susu bubuk, aduk rata. Masukkan vanili bubuk, kuning telur dan kentang lumat, uleni rata.
  2. Masukkan air/susu dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni, sesuaikan dengan adonan, uleni hingga setengah kali.
  3. Masukkan margarin dan garam, uleni dan banting-banting adonan hingga kalis.
  4. Siapkan wadah besar yang beroles minyak goreng, letakkan adonan yang sudah kalis didalamnya, tutup dengan serbet basah atau plastik bening, biarkan mengembang dua kali lipat kurang lebih 45 menit hingga 1 jam.
  5. Kempeskan adonan, uleni lagi sebentar hingga halus dan elastis kembali. Bagi adonan menjadi 16 bagian sama rata, bulatkan adonan diamkan 10 menit. Pipihkan adonan dan beri isian sesuai selera atau tanpa isian. Bulatkan lalu susun berjejer dalam loyang ukuran 22x22x7cm atau loyang bulat, diamkan sampai mengembang dua kali lipat selama 30 menit.
  6. Panaskan oven pada suhu 180-200'C, olesi permukaannya dengan susu cair dan semprotkan vla diatasnya. Panggang dalam oven selama kurang lebih 15 menit hingga matang dan bagian atasnya kecoklatan.
  7. Angkat, panas panas olesi permukaannya dengan margarin.






3 komentar:

Anonim mengatakan...

Bun.. kl bikin dough nya pake BM, urutan masukin kentangnya sesudah cairan atau sesudah tepung? Makasi infonya..

Isna Sutanto mengatakan...

Kentang dimasukan sesudah bahan cair baru tepung.

Putri Irvanna mengatakan...

Resep2nya ini bisa digunakan pakai bread maker merek lain kah seperti Re-bread?