Jumat, 10 Mei 2013

FLOSS CHICKEN ROLL BUN & CINAMON ROLL BUN



Sering banget beli roti gulung abon ini kalau pas lewat gerai bakery apalagi kalau lagi ngemall wajib deh beli roti ini dan roti-roti yang lain pastinya heheee..... Hubby suka banget roti yang toppingnya abon (apa aja pada dasarnya sihh suka ^^) dan saya sudah lama liat resep floss roll bun ini di blog teman-temen tapi masih blom niat bikin sendiri. Nahh kemaren pas banget punya waktu senggang (soalnya nguleninnya lama banget....) bahan-bahan lengkap dan pas pengen makan roti abon.






FLOSS CHICKEN ROLL BUN

Bahan-bahan:
200 gr terigu protein tinggi
50 gr terigu protein sedang
1 sdm susu bubuk
6 gr ragi instant
1/4 sdt Bread Improver (optimal)
30 gr gula pasir halus
2 kuning telur kocok lepas
100 ml air es, tambahkan sedikit-sedikit
50 gr mentega
1/4 sdt garam

Topping:
1 butir kuning telur, kocok lepas
1 batang daun bawang, iris halus
Wijen sangrai, secukupnya

Filling :
Mayonaise
Floss chicken/abon ayam, bisa juga diganti abon sapi

Cara membuat :
  1. Campur terigu, susu bubuk, bread improver, ragi instant dan gula pasir aduk rata.
  2. Tambahkan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sampai uleni adonan hingga kalis.
  3. Tambahkan mentega dan garam uleni lagi hingga kalis elastis, adonan mulus, licin dan  adonan tidak mudah sobek saat ditarik.
  4. Simpan dalam wadah yang sudah diolesi sedikit minyak dan tutup dengan serbet lembab atau plastik warp diamkan kira-kira 45-60 menit sampai adonan mengembang 2kali lipat.
  5. Kempeskan adonan gilas tipis buat bentuk kotak, tempatkan dalam loyang bolu gulung ukuran 30x30cm. Kalau saya pakai loyang ukuran 24x24cm yang sudah diolesi margarin.
  6. Tusuk-tusuk dengan garpu di beberapa tempat agar tidak naik saat di panggang, diamkan 20 menit sampai mengembang.
  7. Olesi permukaan atasnya dengan kuning telur taburi wijen dan baun bawang panggang pada suhu 180'c sekitar 15 menit. Gunakan api atas 3 menit terakhir atau pindahkan loyang di rak paling atas (apabila menggunakan oven tangkring/otang) agar permukaan nya berwarna kecoklatan. keluarkan dari oven.
Penyelesaian :
Siapkan kertas roti lebih besar dari loyang, balikkan roti diatasnya olesi dengan mayonaise dan beri abon merata keseluruh permukaan roti. Gulung roti sambil dipadatkan diamkan sebentar lalu potong menjadi 5 bagian/sesuai selera. Beri mayonaise dan abon di setiap sisi/ujungnya.

 step by step adonan mengembang sampai jadi roti yang siap di gulung


Karena saya menggunakan loyang 24x24cm jadi masih ada sisa adonan sedikit, saya buat cinamon roll bun ukuran mini karena adonannya juga dikit banget cuma jadi 8 buah aja. Cara buatnya yaitu setelah profing pertama gilas adonan, taburi permukaannya dengan brown sugar, cinamon bubuk dan kismis lalu gulung dan potong menjadi 8 bagian. Tata dalam loyang, istirahatkan sekitar 15-20 menit sampai mengembang lalu panggang dalam oven 180'c selama 10 menit. Angkat dan dinginkan. Beri lelehan coklat putih diatasnya....hmmm tambah enak, sayang cuma sedikit buatnya. Lain kali mau bikin cinamon roll ini satu resep ahh...cos anak-anak lebih suka roti ini daripada floss roll bun.





Tidak ada komentar: