Jumat, 10 Mei 2013

IKAN SEPAT CABE HIJAU (IKAN ASIN)



Masih punya banyak stok ikan asin pemberian tetangga ikan sepat dan peda, ehh.....alhamdulillah dikasih oleh-oleh macem-macem ikan asin juga dari Papa mertua yang baru pulang dari rumah saudara di Tuban. Sedikit tapi macem-macem jenisnya ada teri tawar, jambal roti, ikan tipis 2 macam (ikan yang kalo digoreng kriuk-kriuk kaya kerupuk). Di rumah cuma saya aja yang suka makan ikan asin, kalau suami cuma suka ikan asin teri yang dimasak sambel goreng campur kacang tanah selain itu ga begitu suka. Jadi kalau masak ikan asin awet ga abis-abis.....wong cuma saya aja sendiri yang ngabisin.

 


Ikan asin sepatnya saya goreng kering lalu dicampur sambel hijau, sayang di tukang sayur gak ada cabe hijau keriting jadi saya pakai cabe hijau besar ditambah cabe rawit hijau aja.  

Bahan-bahan :
2 buah ikan asin sepat, cuci di air keran sebentar saja
potong-potong lalu goreng kering
1/2 sdt gula pasir
garam, kalau kurang asin
air jeruk nipis (optimal)
 3 sdm minyak untuk menumis
Bahan sambal hijau :
6 buah cabe hijau besar
10 buah cabe rawit
5 siung bawang merah
2 buah tomat hijau sedang

Cara membuat :
-  Ulek kasar bahan sambel hijau jangan sampai halus. 
- Tumis sambel hijau sampai harum dan cabe layu tambahkan gula pasir dan garam (kalau saya tidak pakai garam lagi karena ikannya setelah digoreng masih asin banget)
- Tambahkan perasan jeruk nipis bila suka ada rasa asem, masukan ikan asin sepat. Aduk rata.
- Angkat. Sajikan



Alhamdulillah nikmat banget walau cuma disantap pake nasi hangat saja. Kalau mau tambah seger enak kalau dimakan bareng sayur asem gak ketinggalan lalapan dan sambel terasinya.....
waduuhhh itu sih bukan enak lagi  top markotop kalau kata Pak Bondan sihh.... ^__*


2 komentar:

Anonim mengatakan...

setelah di olah demikian rupa hebat/enaknya apakah suami suka?

SUpaya ga terlalu asin, ikan direndam pk air hangat 1/2 jam sblm dimasak (airnya dibuang krn melarutkan garam) atau bisa ikan dibungkus pk kertas koran setelah dicelup diair dulu. Mudah2an tambah nikmat. AMin.
Fina

Isna Sutanto mengatakan...

makasih tips nya fina, insya allah saya praktekan :)