Kamis, 21 Agustus 2014

SOES KERING KEJU



Last pos nih. Soes kering ini buatnya bulan Ramadhan kemarin. Rencana memang tidak buat kue kering apa-apa untuk lebaran, tapi karena kaka Kay request kuker untuk camilan akhirnya saya buatkan chocolate chip cookies dan soes kering keju ini saja. Saya pilih kuker yang buatnya mudah dan simple, sekalian ngabisin stok bahan-bahan sebelum mudik. Resepnya saya lihat dari Sajian Sedap. Untuk menghasilkan soes yang benar-benar kering ada pada proses pemanggangannya. Pertama-tama panggang soes sampai mengembang dengan suhu tinggi, setelah itu panggang soes dengan suhu rendah. Pemanggangan yang kedua ini bertujuan agar soes tetep garing dan renyah. Lamanya waktu memanggang tergantung besar kecilnya ukuran soes, semakin besar ukurannya tentu waktu mamanggangnya juga akan semakin lama.



Bahan-bahan :
100 gram margarin
250 ml air
1/4 sendok teh garam
125 gram tepung terigu protein sedang
75 gram keju cheddar parut, dicincang
3 butir telur
1 sendok teh baking powder

Cara membuat:
  1. Rebus margarin, air, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Matikan api. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai rata. Nyalakan api kecil. Aduk sampai kalis. Angkat dan biarkan hangat.
  2. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok. Tambahkan keju parut, dan baking powder sambil dikocok rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga.
  3. Semprot dengan spuit kerang di atas loyang yang dioles margarin.
  4. Oven dengan api bawah suhu 200 derajat Celsius15 menit. Turunkan suhunya 130 derajat Celsius. Oven lagi 35 menit sampai matang dan kering.
Catatan :
- Pada pemanggangan kedua, turunkan suhu oven jika semua gelembung didalam soes sudah tidak ada, artinya soes sudah mengembang dengan maksimal.
- Dinginkan Soes yang sudah keluar dari oven dalam rak kawat, agar uapnyn dan masih benar-benar hilang.
- Setelah soes benar-benar dingin baru simpan dalam toples kedap udara. Soes yang belum dingin sudah disimpan dalam toples akan menyebabkan soes melempem/tidak garing.





Tidak ada komentar: