Kamis, 30 April 2015

LEMON CHIFFON CAKE



Suka banget dengan lemon chiffon cake ini rasa lemonnya bikin seger, ada asem-asemnya ditambah tekstur lembutnya. Yummy... Apalagi ada lelehan lemon glaze dan parutan kulit lemon diatasnya, semakin memperkuat aroma dan rasa lemonnya yang asem. Secara keseluruhan chiffon cake ini unik dan beda dengan cake yang ada pada umumnya, biasanya cake hanya mempunyai rasa manis yang dominan tapi lemon chiffon cake ini bikin saya ketagihan. Recommended deh....


Bahan I :
6 putih telur
1/2 sdt cream of tartar (saya pakai 1 sdt air jeruk nipis)
150 gram gula pasir halus/castor sugar

Bahan II :
6 kuning telur
150 gr gula pasir halus
1 sdm parutan kulit lemon segar
260 gr tepung terigu all purpose
1 sdt baking powder
120 ml minyak
75 ml air
75 cc air perasan lemon
1/4 sdt garam
Pewarna kuning lemon secukupnya (optimal)

Cara membuat :
  1. Kocok kuning telur, gula dan parutan kulit lemon dengan wisk hingga gula larut. Bisa juga menggunakan mixer kecepatan sedang.
  2. Tambahkan minyak, air dan perasan lemon kocok hingga tercampur rata.
  3. Masukan terigu, baking powder dan garam sambil diayak, kocok lagi menggunakan wisk sampai adonan kental dan licin. Sisihkan.
  4. Kocok putih telur, air jeruk nipis hingga berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus di kocok menggunakan mixer hingga adonan soft peak.
  5. Campurkan adonan I kedalam adonan II sedikit demi sedikit, gunakan aduk balik hingga benar-benar tercampur rata.
  6. Tuang ke dalam loyang chiffon yang tidak dioles apa-apa. 
  7. Panggang pada suhu 160'C selama 45-60 menit. Angkat balik loyang biarkan dingin.

Lemon Glaze :
1 cup gula halus
2-3 sdm air lemon 

Masukan gula halus dalam mangkok, tuang air lemon. Aduk terus sampai gula tercampur rata dan licin, tuang lemon glaze siap diatas permukaan chiffon. Beri parutan kulit lemon jika suka.

pic from cakefaver.com

Dalam membuat chiffon cake dibutuhkan loyang tulban yang bagian atasnya ada tambahan seperti kaki, jadi kalau cake dibalik ada penyangga yang membuat cake tidak menempel di dasar (seperti gambar loyang diatas).


Dan apabila tidak mempunyai loyang chiffon dapat diatasi dengan menyangga lubang loyang dengan botol, yang disender ke dinding supaya tidak jatuh seperti gambar diatas ini.





6 komentar:

handdriati mengatakan...

aku selalu suka foto-fotonya mba isna, bagus dan cantik :)
*maaf oot :D

Isna Sutanto mengatakan...

makasih mba handdriati :)

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mbak isna, klo pake loyang silikon bisa nggak ya? :)

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mbak isna, klo pake loyang silikon bisa nggak ya? :)

Isna Sutanto mengatakan...

waalaikumsalam wrwb.

halo mba fifin, saya belum pernah membuat chiffon pakai loyang silikon. Dan biasanya kalau memakai loyang silikon cake akan muda lepas, jadi kalau dibalik nanti cakenya jatuh.Jadi kayaknya gak bisa deh mba :)

Mama Mia mengatakan...

Thanks ya untuk resep rumahannya simpel sekali kak, nanti aku coba karena pas sekali saya baru beli oven untuk belajar masak hehe.. Kalo temen temen lagi cari kitchen set dengan spek bagus, fyi aku kemarin beli oven di ACE Hardware Indonesia lewat aplikasi MISS ACE lumayan jadi bisa belanja dari rumah deh pas pandemi gini.

Apalagi pas belanja di ACE gratis ongkir. Saran aku, daftar dulu jadi member ACE Hardware biar dapat promo ACE Hardware terus tinggal lihat dari katalog promosi ACE Hardware, deh! Semangat semua para pejuang dapur :)