Rabu, 24 Februari 2016

LBT 5TH ANNIVERSARY. BICA BLANCA CAKE



Assalamualaikum wrwb.

Alhamdulillah LBT (Let's Baking Together) sudah memasuki tahun ke-5 pada tanggal 11 Januari bulan lalu. Yeehh... happy anniversary LBT. Semoga LBT selalu memberikan manfaat, terus menjadi inspirasi serta jalinan persaudaraan antar anggota semakin erat. Amin.

Dalam rangka memperingati hari nya ini, LBT kembali memberikan tema baking yaitu Bica Blanca. Bica blanca adalah kue tradisional asal Spanyol. Bica blanca ini termasuk white cake karena hanya menggunakan telur bagian putihnya saja. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cake ini pun sangat simpel dan mudah didapat, seperti tepung terigu, gula pasir, putih telur dan whippy cream. Karena hanya menggunakan putih telur saja dan whippy cream membuat cake ini warnanya menjadi putih bersih. Dan yang membuat cake ini khas yaitu taburan kayu manis bubuk diatasnya.

Karena belum pernah mencicipi bica blanca sebelumya, jadi saya membuat cake ini sesuai dengan resep aslinya tanpa dimodifikasi. Resepnya saya dapat dari teh Vivi Nowotny yang dishare di group. Dalam resep menggunakan whippy cream cair yang saya ganti menggunakan whippy cream bubuk yang ditambah air dingin lalu dikocok sampai tercampur rata dan kental. Bica blanca ini tidak menggunakan butter atau margarine jadi whippy cream ini fungsinya sebegai pengganti lemak dari butter atau margarine tersebut. Dan saya tidak tau persis apakah ada perbedaan tekstur, warna atau rasa apabila whippy cream cair diganti dengan yang bubuk. Seharusnya sih saya tidak mengganti bahan apapun dalam resep apabila ingin mencicipi rasa original dari si bica clanca ini yaa...  Tapi namanya juga emak hemat, kalau punya stok kenapa mesti beli, iya kan.. toh masih sama-sama whippy cream ini hehee.





Bahan :
6 putih telur
sejumput garam
325 gram gula pasir
250 gram tepung terigu protein sedang
250 ml whipping cream
kayu manis bubuk secukupnya, untuk taburan
mentega untuk olesan

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 180'C. Olesi loyang ukuran 20x20cm dengan mentega alasi kertas roti lalu olesi mentega lagi. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur dengan sedikit garam, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sampai kaku dan tekstur adonan terbentuk ketika mixer diangkat (stiff peaks).
  3. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit, sambil diaduk rata dengan kecepatan rendah.
  4. Kocok whipping cream sampai lembut dan rata. Tambahkan kedalam adonan putih telur, aduk sampai semua tercampur rata.
  5. Tuang adonan dalam loyang, ratakan. Taburi permukaannya dengan kayu manis bubuk sampai tertutup rata.
  6. Panggang selama 30-40 menit. Lakukan tes tusuk, pastikan adonan tidak menempel/kering. Dinginkan cake, keluarkan dari loyang lalu potong sesuai selera. Sajikan. 



Cara membuat bica blanca hampir sama seperti membuat chiffon, yaitu mengocok putih telur dan gula sampai kaku lalu menambahkan bahan lainnya. Awalnya saya mengira teksturnya akan mirip dengan chiffon, tapi ternyata berbeda. Bica blanca mempunyai tekstur padat tapi lembut, ditambah kayu manis yang menempel di permukaan atasnya membuat bica blanca ini mempunyai rasa yang unik apalagi ditambah aroma nya yang khas. Senangnya bisa mengenal cake spanyol ini, enak dan cara buatnya pun mudah. Jadi kalau punya stok putih telur banyak bisa dibuat bica blanca lagi dengan modifikasi pakai taburan green tea atau coklat bubuk diatasnya. 









Tidak ada komentar: