Selasa, 02 Februari 2016

NASI BAKAR PINDANG



Assalamualaikum.

Sebenernya saya lagi ngidam berat makan buras isi oncom yang pedes dan doclang. Beberapa minggu yang lalu saya kangen banget sama kedua makanan itu, sampai terbayang-bayang buras yang dimakan pake gorengan bakwan dan gucang yang disiram pake sambel kacang. Aduh... makin ngiler deh. Kalau di Bogor makanan kaya gini banyak dijual diwarung setiap pagi, jadi tinggal beli aja gak perlu repot-repot buat ngoprek di dapur. Nah... di Denpasar! klo kepengen makanan kaya gitu yaa mesti bikin sendirilah, mana ada yang jual. Dan lucunya niat awal bikin buras, kok yaa bisa-bisanya belok jadi bikin basi bakar. Hadeuh saya banyak maunya sih ya, jadi plinplan gini deh.  Padahal bahan sudah lengkap, daun pisang juga udah ada. Tapi begitu liat ikan pindang ditukang sayur yang terlintas kok ya nasi bakar, jadilah hari itu saya buat nasi bakar pindang. Bye bye buras.... next time insya allah saya buat kamu yaa hehe.

Nasi bakar pindang yang saya buat ini simple, tidak menggunakan santan dan semua bumbu diiris lalu ditumis bareng ikan pindang yang sudah disuwir kasar. Hasilnya enak, gurih dan yang paling saya suka buatnya praktis. Mungkin lain kali saya mau buat nasi bakar pindang mercon yang bumbunya dihaluskan dan super pedas. Ditunggu aja yaa, semoga saya gak berubah pikiran lagi :).






Bahan-bahan :
4 porsi nasi putih/merah
300 gr ikan pindang, ambil dagingnya suwir-suwir
100 gr jamur tiram, cincang kasar
6 lembar daun salam
1 ikat daun kemangi, petiki
Cabe rawit utuh, secukupnya
3 sdm minyak goreng untuk menumis
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu tumisan :
8 siung bawang putih, iris.
12 siung bawang merah, iris
3 batang sereh, ambil bagian putihnya, iris.
1 buah cabe merah besar, iris
12 cabe rawit, iris ( optional)
1/2 sdt merica
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih sampai harum, masukkan irisan sereh dan cabe, aduk. Tambahkan jamur tiram, masak hingga layu lalu beri merica, garam dan gula. Masukan ikan pindang aduk sampai semua bahan tercampur, masak sebentar. Angkat.
  2. Tuang tumisan bawang kedalam wadah yang berisi nasi merah. Bagi nasi menjadi 6 bagian/bagi sesuai selera.
  3. Siapkan daun pisang untuk membungkus. Beri sebuah daun salam di setiap bungkus, taruh 1 bagian adonan nasi. Letakan cabai rawit merah dan kemangi diatasnya. Gulung hingga rapat, semat ujungnya dengan lidi atau ikat dengan tali.
  4. Panaskan pemanggang/wajan, taruh nasi bugkus di atasnya, bakar hingga aromanya keluar.
  5. Angkat. Siap disantap.

Selamat mencoba yaa...






2 komentar:

Rika Oktianti mengatakan...

Mba Isna, ngiket nasi bakarnya pakai tali apa itu Mba? Lucu.. malah mirip buras kalau ngelipet nasi bakarnya seperti ini.

Wulan mengatakan...

Sama kayak mba Rika nih, lucu banget cara ngiket nasi bakarnya kayak buras deh. Terus jadi pengen bikin buras hehehe....pertanyaan yang sama kayak mba Rika lagi nih, ngiketnya pake apa itu mba?