Rabu, 24 Februari 2016

CALZONE PIZZA DENGAN SAUS TOMAT HOMEMADE DAN SIMPEL DOUGH PIZZA




Bismillahirohmanirohim.  
Buat yang sering makan di resto pizza atau italiano pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama yang satu ini. Calzone. Calzone adalah varian dari pizza, karena bahan dough atau kulitnya sama seperti pizza. Begitupun dengan isiannya yang tidak jauh beda dengan pizza. Calzone sering disebut pastel jumbo karena bentuknya memang seperti pastel yang berukuran besar. Jadi bedanya, pizza dipanggang terbuka atau kulit yang sudah diberi isian dibiarkan saja. Sedangkan calzone setelah diberi isian ditumpuk dan pinggirannya dilipat /dipilin menyerupai pastel. Jadi kalau ditanya soal rasa... pasti sama saja yaa. Dan pada umumnya masyarakat indonesia lebih mengenal pizza daripada calzone. Nah, untuk yang bosan dengan bentuk pizza, bentuk calzone ini boleh juda dicoba loh.

Untuk isian saya memakai sosis, smookedbeef, jamur campignon, saus tomat dan yang tidak boleh ketinggalan yaitu mozzarella. Simple kan.... Tapi yang bikin calzone pizza ini istimewa yaitu saus tomatnya bukan saus botolan tapi homemade. Sedangkan untuk rotinya atau dough pizza cukup diaduk-aduk saja tidak perlu diulenin sampai kalis apalagi banting-banting kaya orang lagi marah-marah hehee... *_^




SAOS TOMAT PIZZA HOMEMADE

Bahan :
2 sdm olive oil
1/2 bh bombay, cincang halus
2 siungBawang putih, cincang halus
500 gram tomat segar
5 sdm saus tomat botolan (optional)
1 sdt oregano kering
Daun thyme n basil, secukupnya. Cincang halus
Garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya

Cara membuat :
Rebus tomat, buang bagian kulitnya haluskan/cincang. Sisihkan. 
Tumis bombay dan bawang putih sampai harum, masukan tomat segar yg sudah dihaluskan dan saus tomat aduk rata. Tambahkan semua sisa bahan, tutup panci
dan kecilkan apinya. Masak sampai kental dan warnanya merah. Sesekali jangan lupa diaduk. Angkat,dinginkan sebelum disimpan di toples.




QUICK & SIMPLE BASIC PIZZA DOUGH

Bahan :
1 sachet atau 11 gram ragi instant
2 sdm gula pasir
1/4 cup olive oil/minyak goreng
2 sdt garam
4 cup tepung serbaguna
1 1/2 cup air hangat

Cara membuat :
- Siapkan wadah besar, beri air hangat (jangan terlalu panas cukup hangat kuku saja) masukkan gula pasir aduk, tambahkan ragi aduk. Diamkan selama 5 menit sampai muncul gelembung.
- Beri olive oil dan garam aduk rata. Masukkan terigu aduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata dan adonan sedikit lengket.
- Diamkan adonan tutup dengan serbet bersih/plastik wrap sampai mengembang dua kali.
- Keluarkan adonan beri tepung terigu di alas dan kedua telapak tangan karena adonan sedikit lengket. Uleni sebentar, 1-2 menit sebelum digunakan.

Penyelesaiannya :
Gilas dough pizza bentuk lingkaran, beri olesan saus pizza, potongan sosis, smokedbeef, jamur, dan keju mozzarella di setengah bagian saja. Lipat dough menutupi bagian isi lalu lipat sisinya atau pilin seperti pastel. Panggang calzone 15-20 menit.

Selamat mencoba yaaa....





2 komentar:

selma alan mengatakan...

Baru pertama kali lihat ni jenis ini. Dan buatnya juga kayaknya nggak rumit ya. InsyaAllah pengen nyoba. Menggiurkan...slurp

Isna Sutanto mengatakan...

Haii mba selma...
Iya mba, saudaraan ma pizza ini cuma beda bentuk aja :). Monggo dicoba mba...