Selasa, 29 Maret 2016

ALMOND LEMON CAKE




       Bismillah. Sebenarnya buat lemon cake ini menyesuaikan dengan isi kulkas, soalnya bolak balik buka tutup pintu kulkas kok yang mencuri perhatian si lemon ini. Dirumah memang selalu stok lemon, biasanya buat bikin lemon tea, smoothies atau honey lemon shot. Jiiiahh.... gaya bener yaa minum honey lemon shot segala, eh iya dong! kan biar langsing... mimpi yang belum terwujud sampai sekarang itu sih hehe.

Akhirnya lemonnya dibikin cake aja, soalnya udah ada yang protes katanya "mama kok dah lama gak bikin camilan sih?". hahaa dibilang lama, padahal baru dua hari aja mamanya libur didapur dibilang lama. Oke, kembali ke lemon cake. Setelah googling sana-sini saya tertarik resepnya Ina Garten dari Food Network, bahannya ada yang saya ganti sesuaikan dengan persediaan yang ada dirumah. Resep di bawah ini saya buat setengah resep dari resep aslinya, jadinya satu loyang loaf dan saya tidak memakai sirup lemon yang disiram diatas cake hanya menambahkan lemon glaze saja. Jadi kalau yang mau liat resep aslinya monggo klik disini yaa.


ALMOND LEMON CAKE

Bahan : 
200 gr butter/margarin
180 gr gula pasir
2 butir telur ukuran besar
1 sdm parutan kulit lemon
165 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue (saya gak pake)
1/2 sdt garam
60 ml air perasan lemon
125 ml yogurt plain
1/2 sdt vanili exstrak (saya gak pake)
Almond slice secukupnya
1 tetes pewarna kuning (optional)

Lemon glaze :
100 gr gula halus
3 sdm air perasan lemon
campur semua bahan, aduk terus sampai lemon glaze licin.

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 175'C. Siapkan loyang loaf olesi margarin dan taburi sedikit terigu, atau bisa juga dilapisi kertas roti.
  2. Ayak tepung terigu, baking powder, soda kue dan garam, sisihkan.
  3. Dalam wadah lain, campur yogurt, perasan lemon dan vanili exstrak aduk sampai tercampur.
  4. Kocok margarine dan gula pasir dengan kecepatan sedang sampai lembut dan gula pasir menjadi halus. Tambahkan telur satu per satu sambil terus dikocok, masukan kulit lemon kocok rata.
  5. Tambahkan campuran tepung dan yogurt bergantian ke dalam adonan sambil terus dikocok sampai semua tercampur rata, penambahan diawali dan diakhiri dengan tepung. Beri pewarna bila suka, aduk sampai tercampur rata.
  6. Tuang adonan dalam loyang deri taburan almond slice, ratakaan. Panggang selama 40 menit atau sampai adonan kering bagian dalamnya jika ditusuk. Angkat, dinginkan cake dirak kawat.






5 komentar:

Santi Dewi mengatakan...

kayaknya enak nih, rasa2 lemonnya sdh menggoda lidah :)

pembual bebal mengatakan...

ga sengaja menemukan blog ini keren banget. aku cek instagram dan follow juga jadinya. mba, fotonya pake kamera apa si bagus banget dan kreatif banget :) Hatur nuhun pisan sebelumnya :)

Isna Sutanto mengatakan...

Haiii mba santi dewi...
Iya enak ini seger n ada aroma lemon :)

Mama KAY's Kitchen mengatakan...

Bau adonannya memang menggugah selera. Saya lagi nyoba nih mba. Dengan suhu 165 dercel kenapa lama banget matengnya ya? Sudah hampir 1.5jam, tes tusuk masih aja belum matang. Trs yang bikin pecah bagian atasnya kenapa ya mbak?

Isna Sutanto mengatakan...

Haii mama kay...
Biasanya kalau manggang cake pake suhu berapa? Samaain aja mba, karena panas ovenkan beda2 yaa. Kalau saya biasa di suhu 160-180. Bagian atas pecah karena dia ngembang, saya suka cake yg kaya gini jadi seksi penampakannya mba :)