Kamis, 31 Maret 2016

TELUR MASAK BUMBU PETIS



Assalamualaikum.

Masak apa hari ini? pertanyaan itu yang setiap pagi saya tanyakan ke anak-anak, dan paling bingung kalau mereka udah bilang "terserah mama aja yang penting enak". Tuing....tuing... pusing tujuh keliling deh saya. Kalau anak-anak request apa yang mereka mau kan saya enak belanjanya, dan mereka makannya juga banyak. Nah klo terserah gini... jadi gambling deh :).
Kalau biasanya saya bikin telur yang tidak pedes itu dimasak semur, kali ini saya coba dimasak bumbu petis, sekalian ngabisin stok petis. Paling enak sih kalau masak bumbu petis gini dibikin yang pedes, tapi ini saya skip cabenya. Untuk kuahnya sengaja saya buat banyak, kalau suka kuah yang nyemek-nyemek bisa juga, dibuat sesuai selera aja yaa. Dan ternyata... anak-anak suka,  enak katanya.  Alhamdulillah banget,  sukses deh buat menu kali ini.  Yes :)

Bahan :
6 butir telur rebus
3 sdm petis
10 buah cabai rawit (optional)
100 ml santan kental
200ml air
2 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
Garam dan gula pasir, secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Bumbu halus :
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah cabai merah, buang bijinya
1 ruas kunyit bakar
3 buah kemiri sangrai

Cara membuat :
  1. Goreng telur dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan, Angkat, tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus, daun salam, sereh sampai harum, masukan petis dan cabai rawit. Aduk rata. Tambahkan air, garam dan gula masak sampai mendidih.
  3. Masukan telur dan santan kental, masak sampai matang dan bumbu meresap.
  4. Sajikan dengan taburan bawang goreng.
Selamat mencoba.





2 komentar:

Asyifa Ulya mengatakan...

Asslmkm mba isna...
salam kenal, kalo boleh tau mba pake petis apa ya?
Ulya-jakarta

Asyifa Ulya mengatakan...

Asslmkm mba isna...
salam kenal, kalo boleh tau mba pake petis apa ya?
Ulya-jakarta