Kamis, 31 Maret 2016

SILKY CHOCOLATE PUDDING



Assalamualaikum wrwb.

Bismillah. Kalau ngeliat puding yang satu ini sudah pasti yang terbayang lembut dan lumernya puding begitu masuk mulut, endesss super yummy... Jadi, siapa yang gak tau sama kepopuleran pudding ini? Buat penggemar puding coklat yang lembut pasti udah tau dong yaa dengan Silky Coklat puding. Resep dari Smitten Kitchen ini sudah banyak wara-wiri di internet apalagi para food blogger, dan review nya gak usah dipertanyakan lagi... jadi, dicoba aja ya biar saya gak dibilang boong hehee.





Bahan yang digunakan untuk membuat puding ini tidak memakai agar-agar atau gelatin sebagaimana pada umumnya membuat puding. Bahkan untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan lumer dimulut pun puding ini tidak menambah wippy cream atau kuning telur pada adonannya. Woww... Hebat yaa. Makin penasaran gak tuh? Lah, kenapa saya yang jadj exciting gini yaa hehee.

Jadi,  bahan yang digunakan untuk membuat silky coklat puding ini sangat simple dan pastinya mudah didapat. Bahan utamanya itu hanya susu cair, coklat masak/dcc atau ada juga yang menyebutkannya coklat blok dan gula pasir.  Dan bahan yang wajib ada gak boleh terlewatkan yaitu tepung maizena.  Kenapa maizena?  Karena tepung ini yang ngikat semua bahan menjadi lembut dan lumer. Dalam resep asli milik Smitten Kitchen tidak memakai coklat bubuk,  tapi yang saya liat dari resep teman-teman food blogger kebanyakan menambahkan coklat bubuk.  Hasilnya memang jadi luar biasa, silky coklat puding nya  jadi super nyoklat. Buat chocolate lovers wajib coba nih.






SILKY CHOCOLATE PUDDING

30 gram maizena
100 gram gula pasir
2 sdm coklat bubuk
1/8 sdt garam
1/2 sdt vanila exstrak/vanila bubuk
710 ml susu cair
170 gram coklat masak/ dcc

Cara membuat :
Campur maizena, gula pasir, coklat bubuk dan garam dalam panci kemudian aduk rata. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk  menggunakan wisk hingga semua tercampur. Masak diatas api sedang hingga kental dan meletup-letup. Matikan api, masukan vanilla dan coklat masak aduk sampai coklat meleleh dan semua tercampur rata. Tuang dalam jar puding/gelas/ mangkuk dinginkan sampai uapnya hilang, simpan dalam lemari es. Siap disajikan dingin beserta vla nya.


VLA VANILA

300 mi susu cair
60 gram gula pasir
sejumput garam
1/2 sdt vanila extrax/ bubuk
1 sdm maizena

Campur semua bahan kecuali vanila. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan meletup-letup, matikan api lalu angkat. Masukan vanili aduk rata, dinginkan vla. Siap disajikan.



Menurut saya untuk silky coklat puding ini sebetulnya tidak memerlukan tambahan vla lagi. Tapi kebiasaan orang di Indonesia kalau makan puding ya pasangan itu vla. Iya kan? :).  Oh iya,  puding ini bukan seperti puding yang  bisa dipotong-potong ya dan tidak bisa set/mengeras. Itulah sebabnya penyajian puding ini menggunakan jar/gelas ukuran personal,  dan makannya pun harus disendokin atau menggunakan sedotan.  Recommended ^_^.



3 komentar:

Juls Julie80 mengatakan...

Assalammualaikum

Wahhhhhhhhhhhh...Yummyyyyy...

tak tidur malam teringat puding coklat sis ni.. harus dicuba... ;)

Isna Sutanto mengatakan...

Waalaikumsalam.
Hehee... Waktunya kurang tepat yaa. Silahkan dicoba kak juls :)

Dapoer Yuyu mengatakan...

Ngiler liatnya,mbak Isna.Salam kenal:-)