Rabu, 18 September 2013

BOLU KUKUS KETAN HITAM



Sudah lama banget punya stok tepung ketan hitam, niatnya sih mau saya buat brownies kukus tapi ga pernah sempat. Dan waktu saya tanya hubby mau brownies ketan hitam, hubby malah jawab pengen cake yang rasanya bener-bener ketan gak pake campuran coklat.  Kebetulan banget saya sudah simpan resepnya cake fever yaitu bolu kukus ini.



BOLU KUKUS KETAN HITAM

Bahan-bahan :
-250 gram tepung ketan hitam
-200 gram gula pasir
-200 gram minyak goreng
-6 butir telur
-1/2 sdt garam
-1/2 sdt vanili
-2 sdm susu kental manis

 Cara membuat :
  1. Kocok telur dan gula dengan mikser hingga mengembang dan kental. Masukkan garam dan vanili, kocok rata. Masukkan susu kental manis, kocok rata.
  2. Masukkan tepung ketan hitam dengan cara diayak ke dalam kocokan telur, aduk rata dengan menggunakan spatula besar.
  3. Lalu masukkan minyak goreng, perlahan. Aduk balik sampai rata dengan spatula. Pastikan minyak sudah tercampur rata, kalau belum rata nanti kuenya bisa bantat. Kalau susah mencampurnya, masukkan sedikit adonan telur ke minyak dan aduk rata, lalu baru minyak yang sudah dicampur itu dimasukkan perlahan ke adonan telurnya.
  4. Masukkan adonan ke dalam loyang, kukus dengan api sedang selama 20-30 menit. Jangan pakai api besar supaya permukaan kue tidak bergelombang. 
  5. Angkat. Dinginkan, siap disajikan


Cake ketan ini rasa enak, lembut dan lembab bagian dalamnya gak kering ditenggorokan jadi gak perlu sedia minum air putih banyak-banyak setelah makan cake ini hehee.... Rasanya bener-bener ketan banget tapi kenapa penampakan cake yang saya buat ini kok warnanya coklat yaa kayak brownies? apa karena kualitas tepung ketannya yaa....loh kok malah nanya-nanya sendiri yaaa hehe... Tapi recomended banget deh cake ini buat pecinta ketan hitam, insya allah anti gagal dari pada cake yang di panggang.

4 komentar:

mbak bunda mengatakan...

bbrp kali nyangkut di resep ini...jd pngen jg nyoba bikin...pke loyang tulban ukuran brp ya ,jeng?nuwun

Isna Sutanto mengatakan...

ukuran 18cm mba, hehee...enak nih ketannya berasa bgt.

nawangsih Ama mengatakan...

Kalo dipanggang bisa gak ya mba?

Isna Sutanto mengatakan...

sepertinya bisa mba nawangsih, tapi saya belum pernah coba :)