Senin, 30 September 2013

IDFB CHALLENGE #12. CAKE SINGKONG YOGURT CARAMEL





 Dalam rangka merayakan hari jadi idfb (Indonesian Food Blogger) yang ke-2, idfb challenge #12 mengambil tema yang berbeda dari biasanya yaitu berkreasi dengan membuat olahan yang berbahan dasar singkong dan yogurt. Pemilihan bahan dasar yang menggunakan singkong ini untuk merayakan Singkong Day pada tanggal 7 Oktober nanti. Singkong dikenal juga dengan nama ubi kayu atau ketela pohon dan termasuk dalam makanan pokok karena dapat menggantikan nasi/jagung/kentang sebagai karbohidrat. Sekarang ini singkong sudah diproduksi dalam bentuk tepung tapioka atau tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) atau singkong yang sudah ngalami fermentasi yaitu Tape.
Sedangkan yoghurt adalah adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Yoghurt mengandung probiotik, bakteri baik yang membantu proses pencernaan, mencegah hipertensi, mencegah osteoporosis, membuat jantung tetap sehat, dapat mengatasi jerawat dan menjaga kehalusan dan kelembutan kulit (sumber: Tabloid Nova). Sekarang ini yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa seperti rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.


Sempat bingung waktu tahu tema challenge #12 ini adalah Singkong dan yoghurt, tapi jadi merasa tertantang juga untuk membuat olahan dari kedua bahan tersebut. Membuat cake dengan bahan tape dan yogurt sudah pernah saya coba dan sudah banyak resep cake, puding atau minuman yang sudah di modifikasi menggunakan tape. Tapi di challenge ini saya ingin memadukan cake dari singkong yang diparut dengan yogurt dan caramel (gula yg dipanaskan sampai berubah warna kecoklatan), cake ini sering disebut cake sarang semut karena bagian dalam cake seperti ada lubang-lubang kecil tempat semut sembunyi.

Rasa cake singkong ini sama seperti cake caramel pada umunnya yang tidak memakai bahan dasar singkong, rasa langu dari singkongnya sama sekali enggak berasa malah tidak ada yang tahu cake ini terbuat dari singkong kalau tidak dikasih tahu  tuh hehee... Cake nya enggak sempet di foto dalam keadaan utuh karena sudah di tunggu anak-anak begitu keluar oven. Jadi sekalian saja saya potong-potong semua untuk diantar ke rumah mertua, dan alhamdulillah masih ada sisa ini untuk bisa di foto.


CAKE SINGKONG YOGHURT CARAMEL
:: sajian sedap modif by isna

Bahan-bahan :
400 gram gula pasir
400 ml air
6 butir telur
1/4 sendok teh garam
75 gram tepung terigu protein sedang
75 gram tepung maizena
2 sendok teh baking powder
100 gram margarin, dilelehkan
70 ml yogurt strawberry
100 gram susu kental manis
150 gram singkong parut, diperas 25 ml airnya dan buang


Cara membuat :
  1. Gosongkan gula pasir. Tuang air. Aduk sampai gula larut. Dinginkan dan ukur 500 ml.
  2. Kocok lepas telur dan garam. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata bergantian dengan karamel.
  3. Tambahkan margarin leleh dan susu kental manis yang sudah dicampur dengan yogurt. Aduk rata. Masukkan singkong parut. Aduk rata.
  4. Tuang di loyang tulban diameter 28cm kalau mau lebih tinggi cakenya bisa menggunakan loyang diameter 24cm yang dioles margarin dan ditabur tepung.
  5. Oven 75 menit dengan suhu 160 derajat Celsius sampai matang.
  6. Angkat, sajikan.

9 komentar:

Melly Octaviana mengatakan...

cake nya kelihatan banget enak nya..mau cobain ahh.. :)

tika hapsari nilmada mengatakan...

Hai Isna...
Thanks udah ikutan di idfb challenge ya. Good luck !

Isna Sutanto mengatakan...

@mba melly, silahkan dicoba sesoga suka yaa :)

Sama-sama...Makasih mba Tika :)

ivonie zahra mengatakan...

mudah bikinnya, mau coba ah :)

Isna Sutanto mengatakan...

@Ivonie, iya mba mudah buatnya.... selamat Mencoba yaa

Andrie Anne mengatakan...

Jadi pengen nyomot hehee makasi partisipasinya ya Mba:-)

Regards,
Anne

Isna Sutanto mengatakan...

Makasih mba Andrie Anne.

Rina Rosyidah mengatakan...

assalamu alaikum, salam kenal mba isna. izin nyoba resepnya ya mba. makasi sebelumnya.

Isna Sutanto mengatakan...

waalaikumsalam wrwb, salam kenal juga mba rina....silahkan dicoba smg suka yaa :)