Selasa, 17 September 2013

ROTI SOBEK UBI UNGU



Ini dia stok terakhir ubi ungu yang saya simpan di frezzer sekitar satu setengah bulan yang lalu waktu bulan Ramadhan, sisa sekitar 200 gram alhamdulillah masih bagus ubi kukus frozen nya dan akhirnya saya buat roti sobek dengan berbagai isian. Saya pakai tepung terigu protein tinggi yang beratnya hampir sama dengan ubi ungu kukus, karena saya ingin roti yang rasanya benar-benar ubi banget dan warnanya pun ungu alami tanpa penambahan pewarna. Setiap isian saya beri taburan di permukaannya yang berbeda-beda sebagai tanda aja biar gak ketuker pilih isian nya.



ROTI SOBEK UBI UNGU
 
Bahan-bahan :
- 250 gr tepung protein tinggi
- 200 gr ubi ungu kukus
- 60 gr gula pasir
- 8 gr ragi instant
- 30 gr susu bubuk
- 2 butir kuning telur
- 50 ml air es/air dingin
- 1/4 sdt garam
- 35 gr margarin

Filling/bahan isian :
Coklat meses
Blueberry jam
Keju cheddar parut

Olesan :
putih telur, biar permukaannya mengkilat

Taburan :
wijen, keju parut dan almond

Cara membuat :
  1. Dalam wadah campur tepung terigu, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir aduk rata. Tambahkan ubi ungu kukus dan kuning telur aduk rata, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai rata dan setengah kalis.
  2. Tambahkan mentega dan garam, uleni terus sampai kalis elastis.  Diamkan sekitar 15 -30 menit sampai adonan mengembang 2kali lipat.
  3. Bagi adonan masing-masing 50 gram, beri isian dan bulatkan. Tata dalam loyang bulat yang sudah disemir margarin . Istirahatkan sekitar 20-30 menit sampai mengembang.
  4. Taruh dalam loyang yang sudah dioles margarin, diamkan lagi sekitar 30 menit sampai mengembang.
  5. Oles dengan putih telur. beri taburan wijen, almond dan keju ditengahnya, panggang sekitar 20-25 menit dengan suhu 200'C. 


Dari satu adonan roti ini menghasilkan 13 buah roti, karena loyang bulat yang saya pakai hanya muat 11 buah roti saja sisanya saya simpan di linear cup dan saya beri isian coklat keju. Menurut saya rotinya tidak terlalu mengembang setelah dipanggang dan teksturnya lembut, rasanya enak dan rasa ubi ungunya tidak dominan.berasa samar-samar saja.


Tidak ada komentar: