Kamis, 12 September 2013

CRONUTS




Sekarang ini lagi pada demam cronut, bahkan di New York City tempat dimana cronut ini  diciptakan orang rela antri berjam-jam hanya untuk sebuah cronut dengan harga yang cukup mahal. Di Indonesia pun virus cronut ini sudah menyebar kemana-mana dan buat saya penasaran pengen icip-icip si cronut ini.
Cronut sendiri diciptakan oleh Dominique Ansel seorang finalis James Beard Award 2013 untuk outstanding Pastry Chef. Cronut adalah makanan dari campuran croisant dan donat. Dengan kata lain, cronut berbentuk seperti donat, namun memiliki lapisan garing seperti croissant karena adonannya sama dengan adonan croissant yaitu puff pastry.
Cronut yang dihasilkan oleh Dominique Ansel Bakery di New York City dibuat dari lapisan adonan croissant yang digoreng dan diisi dengan krim vanilla. Bagian dalamnya renyah, ringan, dan hangat. Sedangkan dibagian luarnya renyah dan berwarna cokelat keemasan.

Cronut yang saya buat ini menggunakan kulit pastry homemade, sisa membuat molen pisang yang sudah pernah saya posting sebelumnya. Bahan dan cara membuat kulit pastry sendiri bisa diliat disini, atau bisa juga memakai kulit pasty siapa pakai. Resep cronut yang saya buat ini menggunakan resepnya mba Rachmah yang sudah saya modifikasi sesuai kebutuhan dan bahan-bahan yang tersedia di dapur saya. Menurut saya cara membuatnya cukup mudah dan apabila ingin lebih praktis lagi bisa menggunakan pastry yang siap pakai dan vla instant.



CRONUTS
Resep : Mba Rachmah modif by Isna

Bahan-bahan:
Kulit Pastry
Putih telur secukupnya
Minyak Goreng secukupnya
Gula halus dan cinnamon powder, untuk taburan

Vla untuk filling :
2 butir kuning telur
15gr tepung maizena
300 ml susu segar
50gr gula pasir
1 sdt vanilla

Cara Membuat :
  1. Cara membuat vla : Campur tepung maizena dengan sebagian susu, aduk rata kemudian tambahkan kuning telur. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Didihkan susu dan gula kastor, masukkan campuran tepung maizena tadi, aduk cepat dan masak hingga mendidih kembali.
  3. Masukkan vanilla, aduk rata. Angkat.Sisihkan.
  4. Siapkan kulit pastry, bentuk dengan menggunakan cetakan donat. Lakukan sampai habis.
  5. Ambil 1 buah pastry yang sudah dicetak, olesi salah satu sisinya dengan putih telur tipis saja. Ambil 1 buah pasty lainnya lalu rekatkan keduanya. apabila ingin cronut yang lebih tinggi bisa rekatkan kulit pasty 3 atau 4 lembar.
  6. Goreng croissant donut sampai terendam seluruh permukaannya dalam minyak panas dengan api sedang, goreng hingga mengembang sempurna dan kecoklatan renyah (jangan terlalu sering dibolak balik, nanti banyak minyak yang tertinggal di donat). Setelah matang, tiriskan dengan sempurna.
  7. Ambil 1 buah croissant  potong/belah menjadi 2bagian sama besar, beri vla filling ke sekitar bagian dalam donat lalu tangkupkan kembali. 
  8. Beri taburan gula bubuk dan kayumanis bubuk diatasnya. Siap disantap selagi hangat. Atau simpan di kulkas sebentar. Setelah cukup dingin siap disantap.


Akhirnya bisa juga nyicipin cronuts ini tanpa harus ngantri dan pergi jauh sampe ke New York hehee... Cronuts ini enak, renyah dan vla vanila nya sewaktu digigit lumer, kalau saya lebih suka dimakan selagi hangat jadi lebih renyah dan ringan banget kulit pastry nya tapi kalau anak-anak lebih suka  cronuts yang sudah disimpan di kulkas.

4 komentar:

Dila Usman mengatakan...

Ass,,,, slam kenal bu,,,,, saya dila dr denpasar ,,,,,, ijin nyontek resep cronut nya ya bu,,,,,,,,,,

Isna Sutanto mengatakan...

Waalaikumsalam.....
Salam Kenal juga mba Dila, sama yaa kita tinggal di Denpasar. Silahkan dicoba resepnya, smg cocok.

Umi Kadarsih mengatakan...

baru kali ini nemu blog yg resep2nya cocok dan (keliatannya) mudah..thanks mbak isna...:)

Isna Sutanto mengatakan...

Salam kenal mba Umi, silahkan dicoba resep2nya mba smg cocok yaa