Kamis, 21 November 2013

BLUBERRY CHEESE TART




Sudah lama banget naksir Blueberry Cheese Tart ini, bentuknya cantik banget ada motifnya dan didalamnya ada filling blueberry jam nya hmm mantap banget kan. Pertama kali liat di blognya mba Hesti dan ternyata resepnya dari Masam Manis blognya Kak Ita disitu lengkap dengan step by step cara membuatnya. Waktu pembuatan blueberry cheese tart ini buat saya memerlukan waktu yang lama apalagi waktu nyetak adonan crust nya (atau saya nya aja kali yang enggak sabaran yaaa....) gak beres-beres kayaknya hehee...  Saya pakai cetakan tart/pienya tipis kurang tinggi jadi  filling blueberry dan cream cheese nya kurang banyak, mungkin itu juga kali yaa yang buat permukaan atasnya setelah dingin jadi retak karena cream cheesenya kurang tebal.      



BLUBERRY CHEESE TART

Bahan crust/kulit tart :
170 gram margarin atau butter
50 gram gula halus
1 butir telur ukuran kecil/gred C
300 gram tepung terigu
1/2 sdt esen vanilla
Cream cheese :
250 gram cream cheese
50 gram gula kastor/gula halus
1 biji telur ukuran sedang
1/2 sdt esen vanilla/esen lemon

Filling :
Blueberry jam. Bisa juga diganti dengan strawberry jam, kiwi, orange,nanas atau coklat. 

Cara membuat :
  1. Crust/ kulit tart : Campur margarin/butter dengan gula bubuk menggunakan sendok kayu/spatula aduk sampai tercampur saja jangan terlalu lama. Masukkan telur dan esen vanilla, aduk kembali. Masukan tepung sedikit demi sedikit aduk hingga menjadi adonan yang lembut.
  2. Bungkus dengan plastik wrap. Istirahatkan dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam atau semalaman.
  3. Ambil sedikit adonan pie, cetak dalam cetakan tart/pie. Tusuk permukaan bawahnya dengan garpuh, panggang selama 20-25 menit pada suhu 170'C atau sampai matang.
  4. Cream cheese : Keluarkan cream cheese 20-30 menit sebelum digunakan. Jangan biarkan cream cheese mencapai ke suhu bilik. Aduk cream cheese dan gula hingga lembut, masukkan telur dan esen vanilla. Aduk sampai tercampur rata. 
  5. Semprotkan filling blueberry dalan kulit tart yang sudah didinginkan, lakukan pada semua crust/kulit tart.
  6. Dengan menggunakan plastik segitiga semprotkan cream cheese diatas blueberry filling sampai menutupi permukaan kulit tart.
  7. Ambil 1sdm adonan cream cheese beri pewarna ungu/sesuai selera, beri motif diatas permukaan tart.
  8. Panggang kembali tart selama 5 menit pada suhu 170'C. Sentuh cream dengan ujung jari, bila tidak menempel berarti permukaan sudah kering. Angkat.

Note :
- Jika mengguna telur ukuran sedang untuk adonan crust, buang sedikit putih telurnya agar kulit tart tidak keras.
- Panggang tart yang sudah diberi cream cheese di rak tengah menggunakan api atas bawah.
- Simpan cheese tart dalam wadah kedap udara dan bisa disimpan dikulkas agar tart tahan lebih lama.



Nih dia Blueberry Cheese Tart yang permukaan atasnya retak, waktu baru keluar dari oven sih mulus-mulus aja tapi setelah dingin jadi pecah gini. Kalau menurut saya mungkin karena cream cheese nya terlalu sedikit yang menyebabkan retak bagian atasnya. Tapi secara keseluruhan saya puas dengan hasilnya enak banget...lain kali mau bikin pakai cetakan pie yang besar dan diisi cream cheese yang banyak biar lebih mantap.

Tidak ada komentar: