Sabtu, 30 November 2013

MASAK BARENG. -BLUDER TAPE-


Masak Bareng Challenge : Bluder




Ini kali kedua bisa ikut berpartisipasi di challenge Masak Bareng, tema Masbar kali ini yaitu Bluder.  Bluder adalah salah satu roti klasik bertekstur empuk dan lembut seperti cake, banyak yang menganggap untuk membuat bluder yang lembut dan enak membutuhkan banyak kuning telur.  Sepertinya sekarang ini pendapat tersebut tidak berlaku lagi, karena dengan menggunakan sedikit telur saja kita sudah bisa menghasilkan bluder yang lembut.  Variasi rasa bluder pun bermacam-macam yaitu bluder manis dan bluder gurih, kali ini saya membuat bluder tape singkong dengan topping sukade dan kismis dan dengan menggunakan 5 butir telur saja sudah bisa mendapatkan tekstur yang lembut dan enak.  Sebelumnya saya pernah membuat bluder tape keju, karena cocok dan suka banget dengan tape singkong/peyem makan saya membuat bluder tape lagi (jangan bosen liat postingan ini lagi yaa...).




Kenapa untuk bluder tape ini tidak bisa menghasilkan bluder yang mengembang tinggi ampe meluap-luap, dua kali buat bluder tape dan hasilnya sama tidak bisa mengembang padahal waktu profingnya sudah lama banget karena penasaran kenapa enggak naik naik-naik juga tuh  adonannya. Apa karena jumlah tapenya yang terlalu banyak? atau karena tape kan hasil fermentasi ketemu ragi jadi susah ngembangnya? hehee asal banget yaa... Makanya masih penasaran sama bluder tape ini, karena ragi dan semua bahan masih dalam keadaan bagus. Tapi kalau ditanya soal rasa, beneran deh bluder tape ini enak banget lembut, wangi dan rasa tapenya berasa banget.  Fotonya bener-bener mati gaya nih... buru-buru asal jepret aja jadi gak fokus deh, karena mau jemput papa mama mertua di airport yang baru pulang dari jakarta.




BLUDER TAPE

Bahan-bahan :
1/2 sendok makan ragi instan
1 sendok teh gula pasir
100 ml air hangat 

250 gram margarin
200 gram gula pasir halus
1/2 sdt esens vanili
300 gram tape singkong
5 butir telur
250 gram tepung terigu protein sedang
20 gram susu bubuk
1 sdt baking powder


Cara membuat : 
  • Biang: larutkan ragi instan, gula pasir, dan air hangat. Diamkan 15 menit sampai berbusa.
  • Kocok margarin, gula pasir halus, dan esens vanili sampai lembut. Tambahkan tape singkong. Kocok perlahan.
  • Masukkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
  • Masukkan sisa tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan bergantian dengan biang. Tambahkan kismis dan sukade Aduk rata.
  • Tuang dalam papper cup linear/loyang yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti. Diamkan 45 menit sampai mengembang. Taburi sukade lagi diatasnya.
  • Oven 40 menit dengan suhu 180'C sampai matang/tergantung oven masing-masing.


4 komentar:

ayudiah respatih mengatakan...

mbak Isna thankyuu.. udah diingetin hari ini tantangan terakhir ya...
bludernya nampak enak deh....^^

Isna Sutanto mengatakan...

waah mba....aku malah kelupaan blom setor di fb sama kirim email. waduhh gimana nihh yaaa udah tgl 1des, msh bisa gak yaaaa :(

Tinanic Azrialdi mengatakan...

Mba Isna, salam kenal...
Ijin catet resepya... enak nih sepertinya..:)

Isna Sutanto mengatakan...

Salam kenal juga mba, Silahkan semoga cocok ya....