Rabu, 27 November 2013

BROWNIES KUKUS PUTIH TELUR



Sekarang lagi sering banget hujan dan sehari-hari cuacanya mendung terus, jadi bawaannya pengen ngemil aja. Brownies kukus ini cocok banget dimakan diwaktu hujan, kebetulan masih punya stok putih telur jadi dipakai aja sekalian pengen tahu perbedaan rasa brownies kukus ini dengan brownies yang memakai kuning telur. Dan menurut saya memang lebih lembut brownies yang memakai kuning telur, tekturnya lembab tidak kering tapi untuk rasa sama enaknya yaaa....
Untuk resep saya pakai brownies kukus Ny. Liem, saya buat setengah resep saja. 
Ini dia resepnya :
 




Brownies Kukus Putih Telur
(Source: Ny. Liem)

Bahan-bahan :
Bahan I :
750 ml putih telur
375 gr gula pasir
20 gr cake emulsifier

Bahan II :
275 gr tepung terigu protein sedang
75 gr cokelat bubuk
1 sdt BP
½ sdt vanilla bubuk

Bahan III (cairkan):
200 gr DCC
250 ml minyak sayur

Bahan IV (cairkan):
150 gr DCC/mesis coklat

Cara membuat :
  1. Kocok putih telur hingga setengah mengembang, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Tambahkan cake emulsifier, kocok kembali hingga mengembang dan kental.
  2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Tuang setengah bagian adonan ke dalam loyang ukuran 24x24x7cm yang sudah dialas dengan kertas roti.
  4. Kukus selama 20 menit hingga matang. Tuang bahan IV, ratakan.
  5. Tuang sisa adonan diatas bahan IV, ratakan. Kukus kembali selama 25 menit hingga matang.
  6. Angkat dan dinginkan.

17 komentar:

Zakiyatul Fikriyah mengatakan...

mba, minyak sayur yg dipake itu minyak sayur jenis apa ya? makasih :)

Isna Sutanto mengatakan...

minyak sayur yg biasa untuk menggoreng mba tp yg kualitasnya baik yaa yg bening dan tidak berbau. saya pakai bimoli or filma.

Ika Sayekty Prasetyadewi mengatakan...

Ini kira2 brp putih telur ya mba?

Isna Sutanto mengatakan...

saya buat setengah resep sekitar 6-7 btr putih telur mba.

evi mengatakan...

Browniesnya enak banget, lembut juga. Mantep.

Isna Sutanto mengatakan...

@evi : Sudah dicoba yaa mba resepnya, Alhamdulillah kalau cocok ;)

widya kato mengatakan...

Hai m'Isna...salam kenal sbmnya & maap nih saya sdh lgs praktekin resepnya(^^)pas ujan & byk putel sisa bikin bika ambon di frezer,cari2 nemu resep ini deh,,saya bikin 1/4 resep doang (takut gak berhasil)ternyata enak lembut berhasil tuh,pdhal putel msh rada dingin saya rendam aer anget dulu bentar,gula saya kurangi & tdk pake emulsifier,tdk pake DCC,bagian tengah baru diksh DCC cair yg dicampur adonan sedikit,hasilnya pas.bsk2 bikin 1/2 resep deh.o iy saya pake loyang bulat 18 cm(^^) bener cocok buat ngemil pas ujan gini,makasiih yach share resepnya,salam.

Isna Sutanto mengatakan...

halo mba widya....
wah senangnya kalau sukses buat brownies putel ini mba, pasti tambah enak yaa mba pake dcc di tengahnya. makasih yaa mba sudah coba resepnya:)

chee chee mengatakan...

Mlm .. mau tanya.. DCC itu apa ya? Tq

widya kato mengatakan...

@chee chee
DCC dark chocolate cooking
WCC white chocolate cooking
Semoga jwbannya membantu😊

Anonim mengatakan...

Halo mbak isna salam kenal :) , mau nanya untuk resep ini apakah bisa di panggang ? Kalo bisa sebaiknya pada suhu berapa saya memanggang? Terimakasih . -Shella,bogor

Isna Sutanto mengatakan...

haloo shella...

Salam kenal juga, saya belum pernah buat resep brownies ini dipanggang, tapi seandainya mba mau coba dipanggang bisa pakai suhu 180'C

Anonim mengatakan...

Terimakasih mbak -Shella,Bogor

Vanny Kristin mengatakan...

Kira kira susah gak ya???

Vanny Kristin mengatakan...

Pakai bimoli aj mba

Vanny Kristin mengatakan...

Pakai bimoli aj mba

Vanny Kristin mengatakan...

Kira kira susah gak ya???