Senin, 14 Juli 2014

FRUITS PIE



Fruit pie ini sangat cocok dijadikan tajil untuk buka puasa, awalnya sempet bingung mau buat pie susu, pie apel atau pie buah ini. Akhirnya pilihan jatuh pada pie buah ini karena sekalian menghabiskan stok buah-buahan yang sudah hampir 2 minggu di kulkas. Dan alhamdulillah pie buah ini memang pas dijadikan camilan untuk berbuka puasa. Kulit pienya cruncy, vla nya lembut dan rasa susunya berasa banget. Belom lagi ditambah buah-buahan seperti strawberry, kiwi dan jeruk yang membuat perpaduan pie nya lengkap, ada manis, asem, lembut vlanya dan seger.

Untuk resep masih menggunakan resep fruit pie ncc, buat saya resep kulit pie dan vla nya ncc ini memang sudah paling pas dan enak banget hasilnya. Kulit pienya dibuat tanpa telur dan untuk vlanya menggunakan 5 butir kuning telur, jadi sudah pasti rasa vla nya super lembut dan  enak. Buah-buahan yang digunakan bisa sesuai selera, mau pakai buah kalengan juga bisa. Pie yang saya buat ini tidak saya siram dengan agar-agar atau jelly bening karena buat dimakan sendiri ini. Tapi untuk hasil yang lebih cantik, agar buah-buahannya kelihatan mengkilat  dan tidak goyang silahkan disiram dengan agar-agar/jelly bening.






Bahan Kulit Pie :
250 gr terigu all purpouse
1/2 sdt garam
125 gr mentega
5 sdm air es

Cara membuat :
  1. Campurkan mentega, terigu dan garam, aduk hingga berbutir-butir menggunakan pisau pastry (kalau tidak ada bisa memakai 2 buah pisau atau ujung jari).
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk kembali hingga adonan rata dan kalis.
  3. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
  4. Oles loyang pie dengan margarin, lalu cetak adonan pie di dalamnya. Tusuk-tusuk memakai garpu di seluruh permukaannya agar tidak melembung ketika dioven.
  5. Oven 180'C selama kurang lebih 20 menit (tergantung panas oven masing-masing) hingga kering dan matang.  Angkat dan dinginkan.

Bahan Vla
500 ml susu cair
100 gr gula kaster (tadi pakai gula pasir biasa)
5 kuning telur
30 gr tepung maizena
1 sdt vanilla ekstrak

Cara Membuat :
  1. Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu,campur kuning telur aduk rata
  2. Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat hingga mendidih sekali lagi.
  3. Masukkan vanilla ekstrak. Angkat sisihkan
Topping
Aneka buah sesuai selera

Pelapis/bahan siram :
1 sdt agar-agar putih
100 ml air
1 sdt gula
(didihkan semua bahan, sisihkan)

Penyelesaian :
Isi kulit pie dengan vla, susun buah-buahan di dalamnya lalu siram dengan agar-agar bening.



Happy Baking.... Happy Iftar....




3 komentar:

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

Kapan ya nyoba bikin pie buah ini...

Hmmm... minta ke teh isna aja lah... boleh ya....

*kedip2...

Isna Sutanto mengatakan...

ayo dicoba mba lina, mau minta? boleh.... tapi jangan banyak2 yaa mba hehee...

Vika Lynn mengatakan...

vla nya cantik banged mba, keliatan putih gitu. kenapa punya saya agak kuning2 gitu ya?