Jumat, 27 November 2015

DORAYAKI KEJU




Bismillah. Dorayaki... mendengar nama ini sudah pasti pikiran kita tertuju pada kucing biru nan lucu yang punya kantong ajaib didadanya. Yap siapa lagi kalau bukan Doraemon. Dalam film kartunnya Doraemon suka banget makan kue dorayaki, saya pun sampai dibuat penasaran dengan kue dorayaki ini, dan semoga saya bisa mencicipi  kue dorayaki langsung di negeri sakura itu. Amin...hehee.
Dari hasil googling banyak yang sudah mencoba resep dorayaki yang saya buat ini, saya tidak tahu sumber aslinya dari mana. Apabila ada yang membaca dan mengetahui siapa pemilik resep aslinya mohon hubungi saya, agar namanya bisa saya cantumkan pada resep dorayaki ini.

Menurut Wikipedia Dorayaki (どらやき。銅鑼焼き、ドラ焼き?) adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional (wagashi). Kue ini bentuknya bundar sedikit tembam, dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur dan mirip castella karena adonan diberi madu. Dorayaki hampir serupa dengan imagawayaki, namun berbeda bentuk dan cara memanggang. Sebenarnya saya ingin sekali membuat dorayaki yang menggunakan selai kacang merah, tapi karena setiap saya buat dorayaki selalu di pagi hari yaitu untuk sarapan anak-anak, jadi untuk filling saya pakai yang mereka suka yaitu keju. Bisa juga menggunakan selai, meses, atau apa saja yang jadi favorit keluarga. 


DORAYAKI KEJU

Bahan:
2 butir telur
2 sdm madu
60 gram gula pasir
130 gram tepung terigu
1/2 sdt soda kue
100 ml susu cair

Filling : butter dan keju cheddar/jam/coklat spread/peanut butter

Cara membuat :
Kocok telur, gula pasir, madu sampai sedikit mengembang, agak kental dan pucat.
Masukan terigu dan soda kueh, aduk. tambahkan susu cair aduk sampai adonan halus. Diamkan 15 menit.
Tuang 1 sendok sayur adonan dalam teflon yang sudah dipanaskan dengan api sedang, tutup teflon sampai muncul gelembung lalu balik. Panggang lagi sebentar angkat.
Beri olesan butter dan keju parut, rangkap dorayaki jadi satu. Sajikan



1 komentar:

Sashy mengatakan...

Fotonya mba Isna bikin speechless , makin hari makin keren udah kayak foto-foto majalah mba. suka liatnya