Sabtu, 14 Juni 2014

MIE UBI UNGU HOMEMADE



Assalamualaikum wr.wb.
Ini adalah postingan pertama di bulan Juli, telat banget yaa... Dan sebenarnya mie ubi ungu ini buatnya sudah sangat lama sekitar 3 minggu yang lalu. Beberapa minggu lalu saya memang sedikit sibuk, lebih tepatnya sok sibuk kali yaaa hehee... Dimulai dari pentas tari dan beberapa lomba yang diikuti kaka Kay, setelah itu gladiresik dan persiapan kostum untuk acara perpisahan sekolah. Padahal saya juga sedang dikejar- kejar deadline, belum lagi dapet kabar kalau tante yang di Bogor mau datang ke Bali, dan sudah jadi kewajiban menjadi tour guide kalau ada keluarga yang datang. Akhirnya bisa juga menikmati liburan selama 3 hari sambil ketar-ketir dan bingung  bisa gak yaa kerjaan saya ini selesai tepat waktu.  Alhamdulillah semua selesai tepat waktu dan sekarang saya bisa bernapas lega, amin. Loh kok jadi curhat yaa? kecolongan deh, lanjut ngomongin mie aja yaa hehee...

Buat mie hijau dari daun sawi sudah pernah, mie merah dari bit  juga sudah dan karena punya stok ubi ungu jadi pengen juga buat mie ungu. Kebetulan juga sudah lama nggak bikin mie homemade. Menurut saya tekstur mie ubi ungu ini lebih kenyal dari mie-mie yang sebelumnya saya buat, waktu merebusnya juga cukup sebentar dan warnanya pun cantik. 



MIE UBI UNGU HOMEMADE

Bahan-bahan :
200 gr ubi ungu kukus
300 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung beras
50 gr tepung tapioka
1 sdt garam
2 butir telur
50 gr tepung sagu untuk taburan

Cara membuat :
Campur semua bahan mie, aduk sampai kalis. Bisa juga masukan semua bahan ke dalam wadah bread maker, setel pilihan pasta tunggu sampai 15 menit adonan menjadi kalis.
Giling adonan menggunakan pasta maker sambil ditaburi tepung sagu supaya tidak lengket.
Setelah adonan tipis dan mulus, giling dengan pemotong mie sambil ditabur tepung sagu.
Mie ubi ungu siap digunakan.

Cara menyimpan mie :
Timbang mie per 100 gram, sambil ditaburi sagu lalu gulung mie dan susun dalam wadah, lakukan sampai habis. Tutup rapat wadah mie, simpan dalam kulkas.



Selamat mencoba..... ^^


6 komentar:

Anonim mengatakan...

Mb Isna lama gak update blog ih, nunggu2 ni. Mienya cantik, unyu2. Btw ini masih bulan Juni loh, blm Juli, jd blm terlalu telat, hehehe...
-ida-

Isna Sutanto mengatakan...

hallo mba Ida, kangen yaa sama diriku hehee... iya mba tapi tengah bulan baru postingan pertama nih :)

Isna Sutanto mengatakan...

hallo mba Ida, kangen yaa sama diriku hehee... iya mba tapi tengah bulan baru postingan pertama nih :)

julia mengatakan...

hai mba Isna salam kenal, apakah ubi ungu bisa diganti dengan ubi kuning

sultan lampion mengatakan...

Mau mencoba ahhh ,, siapa tau bisa jadi peluang usaha Amiieennn yaa اَللَّهُ

resep kolak pisang mengatakan...

wah, saya dulu pernah bikin juga mbak
cuma ditambahin sama kedele hitam sama cincau
warnanya jadi pucet gitu, hoho