Kamis, 29 Mei 2014

DONAT UBI UNGU



Donat ubi ungu ini dibuat beberapa hari yang lalu, baru sempat saya posting karena akhir-akhir ini conecting internet sangat lambat dan laptop saya masih dalam perbaikan. Alhamdulillah nya saya dapet pinjeman laptop dari mertua, jadi masih bisa entry resep dikit-dikit.

Hampir semua resep donat sudah pernah saya buat, seperti donat kentang, donat labu kuning, donat tape dan donat ala jco. Untuk donat ubi ungu, ini kali kedua saya buat donat ini. Yang pertama saya buat memakai resep dari blognya mba Hesti, bisa dilihat disini. Sedangkan untuk donat ubi ungu ini saya menggunakan resep donat kentang ncc. Untuk bahan yang lain tidak ada yang saya ganti atau rubah jumlahnya, saya hanya mengganti kentang dengan ubi ungu saja.



Setelah donat dibentuk dan  digoreng, donat bisa dihias sesuai selera. Kemarin donatnya saya hias menggunakan coklat leleh yang ditaburi sprinkel warna-warni, coklat meses dan coco crunch. Semua serba coklat karena sesuai permintaannya anak-anak. Bisa juga donat diberi olesan selai, parutan keju cheddar dan taburan kacang tanah atau kacang almond yang sebelumnya disangrai



DONAT UBI UNGU

Bahan-bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr ubi ungu kukus, haluskan dan dinginkan
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
100 gr gula pasir
4 butir kuning telur
100 ml air dingin
75 gr mentega
1/2 sdt garam
Cara membuat :
  1. Dalam wadah campur tepung terigu, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir aduk rata. Tambahkan ubi ungu dan kuning telur aduk rata, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai rata dan setengah kalis.
  2. Tambahkan mentega dan garam, uleni terus sampai kalis elastis.  Diamkan sekitar 15 -30 menit sampai adonan mengembang 2 kali lipat.
  3. Bagi adonan masing-masing 50 gram, bulatkan dan beri lubang. Istirahatkan sekitar 20 menit sampai mengembang.
  4. Goreng donat sampai kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
  5. Taburi dengan gula donat atau hias sesuai selera.

 

Kalau buat saya yang jadi favorit tetep donat dengan taburan gula halus yang ditambah sedikit cinnamon bubuk. Dimakan hangat, hmm... berasa banget empuknya.








5 komentar:

Indah Dewi mengatakan...

Punya usaha donat ya sis, tipsnya harus piter pilih mesin mixer roti . jangan sampai salah ya :)

helmi albar mengatakan...

yang bagus mesin mixernya merk apa sis?

Isna Sutanto mengatakan...

Haloo helmi....

kalau saya pakai bread maker merk Kenwood.

Fanny Tania Safitri mengatakan...

Mba isna kalo mau bikin coklat buat jd selimut cake gt, bahan2 yg dipake nya apa aja ya? Biar coklatnya jd enak

Isna Sutanto mengatakan...

haii Fanny....

untuk cover donat ini saya pakai DCC/dark cooking chocolate, ditim diatas panci berisi air jangan langsung dilelehkan diatas kompor. setelah coklat meleleh beri unsalted butter dikit aja agar coklat mengkilat.