Rabu, 21 Mei 2014

LBT#32. PRETZEL



Untuk bulan ini PR LBT #32 adalah Pretzel. Kebetulan belum pernah nyicipin si pretzel ini apalagi buat sendiri jadi penasaran banget sama tantangan LBT bulan ini. Wajib dicoba dan nggak boleh bolos setor nih.



Menurut Wikipedia Pretzel adalah sejenis kue yang berasal dari Eropa, kemungkinan besar dari Itali. Kue ini berupa tiga simpul atau belitan. Rasanya asin dan sedikit manis. Pretzel ada yang lunak dan ada pula yang keras. Pretzel yang keras telah dikembangkan ke beberapa variasi bentuk dari simpul yang berputar sampai ke bentuk lurus "tongkat pretzel" (disebut dengan "Salzstangen" atau tongkat garam karena ditaburi garam dan di Hungaria bernama Ropi). Adonan pretzel dibuat dari tepung terigu, air, gula dan ragi yang ditaburi dengan garam kasar.

Pretzel biasanya dilapisi dengan kilapan dan digarami. Pretzel dapat ditemukan dalam beberapa variasi bentuk dan ukuran. Pretzel lunak tradisional kira-kira seukuran sebuah tangan. Kebanyakan pretzel keras adalah hanya tongkat setebal 2-3 mm. Pretzel keras yang setebal 0.8-1.5 cm disebut dengan nama pretzel Bavaria. Di beberapa bagian di Eropa seperti Austria, pretzel tradisional sering mengandung biji jintan bercampur dengan adonan.



Awalnya saya ragu-ragu mau buat pretzel ini, soalnya denger dari cerita temen-temen yang sudah buat katanya pretzel ini susah dibetuk dan ada juga yang sewaktu di rebus dalam air soda kue adonan jadi lengket. Apalagi waktu ngobrol sama mba Veronica Dhani katanya anak-anaknya nggak suka sama si pretzel ini, wah... jadi makin nggak yakin nih mau buat pr LBT kali ini. Soalnya kalau saya masak atau buat kue lebih sering berdasarkan request nya suami dan anak-anak. Karena kalau anak-anak suka dengan makanan yang saya buat jadi kebanggaan tersendiri buat saya, apalagi kalau laris manis nggak bersisa... puas rasanya.

Pretzel yang saya buat memakai resepnya mba Endang JTT, dan saya hanya membuat setengah resep saja. Alhamdulillah dalam proses pembuatannya lancar, aman terkendali dan tidak ada hambatan apapun. Untuk taburan saya memakai keju cheddar parut dan ada juga yang saya beri taburan wijen yang dicampur origano. Setelah pretzel ini matang anak-anak dibuat penasaran sama bentuknya yang kata kaka Kay kaya lope-lope (bentuk hati/love maksudnya). Langsung mereka pilih yang diberi taburan keju, dan komentarnya prezelnya enak. Waahh.... senengnya si pretzel laris manis,  apalagi dimakan memakai saus sambel dan yogurt plain cocok banget dan enak. Tekstur pretzel ini keras dibagian luar tapi lembut dibagian dalamnya.





PRETZEL

Bahan :
- 180-200 ml air hangat suam kuku, jangan panas karena dapat merusak kerja ragi.
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdt garam
- 1,5 sdt ragi instant
- 300 gram tepung protein sedang

- 2 sdm mentega/margarine, lelehkan
 
Glaze :
- 1 buah kuning telur+1 sendok makan air
- garam untuk taburan

Topping
:
- wijen + oregano
- keju parut

Air untuk merebus pretzel:

- 2 liter air
- 60 gram baking soda

Cara membuat:

- Siapkan wadah, masukkan air hangat dan ragi instan. Diamkan selama 5 menit atau hingga larutan tampak mulai mengeluarkan busa dan gelembung.
- Masukkan tepung, garam, gula pasir kedalam larutan ragi aduk rata. Tambahkan mentega/margarine cair uleni  hingga adonan kalis, lembut dan tidak lengket di tangan.
- Bulatkan adonan seperti bola, simpan dalam wadah yang sudah dioles minyak. Tutup dengan kain bersih dan istirahatkan selama 1 jam hingga adonan mengembang minimal 2 kali lipat.
- Panaskan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah. Siapkan loyang datar untk memanggang kue kering, alasi dengan kertas minyak.
- Kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian, ambil 1 buah adonan (simpan adonan lainnya dalam kondisi tertutup kain agar tetap lembab).
- Letakkan adonan di permukaan meja bertabur sedikit tepung, gelindingkan mengunakan kedua telapak tangan hingga adonan semakin memanjang seperti tali dengan ketebalan yang sama. Saya membuat panjang adonan 45 cm. Berikut cara membentuk pretzel :

pic from google

- Rentangkan adonan memanjang, bentuk seperti huruf U. Pegang kedua ujung adonan, lalu silangkan dengan titik temu diitengah adonan. Silangkan lagi. Pegang kedua ujung adonan tarik ke bawah, letakan satu ujung adonan disisi bagian bawah dan satu ujung yang lainnya disisi yang lain. 
- Tekan-tekan agar melekat dengan baik. Tata adonan di atas loyang yang telah dialasi dengan kertas minyak. Lakukan hingga semua adonan habis


- Taburi permukaan pretzel dengan garam, panggang selama 10 -15 menit atau hingga pretzel mengembang dan permukaannya sedikit kecoklatan. Keluarkan dari oven.
- Siapkan panci, masukkan air dan baking soda, rebus hingga air mendidih. Masukkan pretzel yang telah dikeluarkan dari oven, rebus selama 30 detik, sambil dibolak-balik. Tiriskan dan dinginkan. 

- Olesi permukaanya dengan kocokan telur+air dan taburi dengan wijen+oregano dan keju parut, panggang selama 30 -35 menit atau hingga permukaannya mulai coklat gelap dan mengkilap. 





Ternyata membuat pretzel ini tidak sesulit yang dibayangkan, alhamdulillah saya puas dengan hasilnya walaupun bentuknya masih belum sempurna. Anak-anak pun suka dan sudah minta dibuatkan pretzel lagi yang pakai taburan keju yang banyak. Thanks yaa LBT, sudah memperkenalkan pretzel ini. 
Salam LBT... Salam Pretzel.... ^_^





Tidak ada komentar: