Jumat, 09 Mei 2014

ROTI ISI KEJU



Salah satu roti favorit nya anak-anak yang paling sering direquest ya roti keju ini. Sudah berkali-kali buat roti keju dengan resep roti keju ncc ini. Untuk basic rotinya saya pakai resep soft bread ncc, dan untuk isian kejunya menggunakan keju cheddar parut dicampur dengan unsalted butter. Isian keju ini yang bikin anak-anak suka dengan roti ini, kejunya melted banget... apalagi dimakan pas hangat, hmmm meleleh deh enaknya.

Roti keju ini saya kemas dalam linear cup/paper cup. Jadi adonan setelah fermentasi pertama ditimbang sekitar 20 gram lalu simpan dalam linear cup dan diistirahatkan lagi sampai mengembang dua kali lipat. Kalau mau di bentuk lonjong atau bulat dan langsung disusun di loyang juga bisa

Satu resep adonan ini hasilnya lumayan banyak, setengah adonan saya buat roti keju dan sisa adonan setelah fermentasi pertama saya simpan di frezer. Apabila mau digunakan adonan yang disimpan di frezer di thawing terlebih dahulu atau disimpan disuhu ruang sampai adonan mencair ke bentuk semula. Setelah itu uleni adonan sebentar sampai elastis lagi, beri isian dan bentuk sesuai selera. Kemarin sisa adonannya saya buat pizza bites untuk sarapan, sayang nggak sempet difoto ya.




ROTI ISI KEJU

Bahan A:
500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
11 gr   ragi instan
1/2 sdt    bread improver
4 btr     kuning telor
200 ml  air Es

Bahan B:
100 gr  mentega/margarine
5 gr      garam

Bahan C:
100 gr  keju cheddar parut
100 gr  mentega

Bahan olesan :
1 kuning telur + 1 sdm susu cair
 
keju cheddar parut, untuk topping

Cara membuat:
  1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 20 menit.
  2. Kempiskan adonan, potong timbang 40 gr, bulatkan. Istirahatkan 10 menit.
  3. Aduk rata bahan C.
  4. Ambil satu bulatan adonan, beri isi bahan C, bentuk lonjong.Lakukan untuk semua bulatan.
  5. Diamkan 30 sampai 60 menit, tergantung kehangatan udara. Setelah terlihat mengembang ringan, poles atasnya dengan bahan olesan dan taburi keju cheddar parut.
  6. Panggang selama 20 menit, suhu 180'c hingga terlihat keemasan. Angkat.







Tidak ada komentar: