Kamis, 01 Mei 2014

RAWON



Assalamualaikum wr wb....
Alhamdulillah sudah memasuki awal bulan Mei. Postingan di awal bulan ini adalah rawon. Rawon ini request dadakan dari kaka Kay, pagi-pagi udah bilang minta dibuatin rawon buat makan siang nanti. Dan untungnya masih ada daging sapi tetelan dan touge pendek di tukang sayur, tapi sayang yang jadi primadonanya yaitu kluweknya cuma tinggal nyisa 2 buah aja. Ya sudahlah enggak apa-apa dari pada nggak jadi buat rawonnya, kasian kaka Kay yang udah kepingin banget makan rawon. Makannya penampakan rawonnya jadi kurang hitam, malah lebih mirip soto bening.

Rawon adalah menu berupa sup daging dengan kuah yang berwarna hitam karena mengandung kluwek. Rawon dikenal sebagai masakan khas dari Jawa Timur. Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, bumbu yang digunakan yaitu campuran Bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan kluwek sebagai bumbu utamanya. Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging. Rawon paling nikmat disantap bersama sambel terasi, telur asin dan krupuk. Sayang saya nggak punya persediaan telur asin jadi saya ganti dengan tempe goreng, dan senang banget liat kaka makannya lahap dan nambah lagi.  Alhamdulillah....






RAWON

Bahan :
350 gram daging tetelan
1.2 liter air
4 lembar daun jeruk buang tulangnya
1 batang serai ambil putihnya, memarkan
1 batang daun bawang potong 1 cm
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah keluak seduh, saya pakai 2 buah
1 cm kunyit bakar
3 butir kemiri sangrai

Bahan Pelengkap :
sambal terasi
kerupuk
taoge pendek
telur asin
bawang goreng

Cara membuat :
  1. Rebus daging tetelan dan air sampai matang. Saring air kaldunya. Didihkan lagi.
  2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Tuang ke rebusan daging. Masukkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai matang.
  3. Sajikan rawon dengan pelengkapnya.
Happy cooking.....






Tidak ada komentar: