Sabtu, 20 April 2013

Devil's Food Cake

Alhamdulillah tanggal 8 April kemarin 6 tahun Wedding Anniversary saya dan suami, Devil's Food Cake (DFC) ini saya buat special buat hubby yang request minta dibuatin cake yang coklat banget katanya. Waktu saya tanya mau kado apa (tumben nanya gitu, biasanya saya ga pernah tuh nawarin kado.....ga enak aja cos udah dikasih sesuatu yang emang diarep-arep banget....thanks Ayah) dan jawabannya simpel buatin cake aja yang nyoklat *_^.  Kayaknya kalo cake yang bener-bener nyoklat banget yaaa ga salah kalau saya pilih DFC ini. Saya tertarik lihat DFC nya Martha Stewart apalagi penampakan cakenya yang simple ga banyak detil bener-bener keliatan kalau cake ini tuh The Devil's Chocolate banget. Untuk resepnya saya pakai punya Ricke yang memakai resep Martha Stewart tapi sudah dimodifikasi, dalam resep aslinya menggunakan ukuran cup tapi dalam resep Ricke sudah di rubah menjadi ukuran gram.



Resep ini untuk cake yang menggunakan loyang 22-24cm dengan 3 layer, kalau ingin membuat setengah resep saja bisa menggunakan loyang 22cm dengan cake datar atau loyang 18cm kalau mau cake nya lebih tinggi. Saya membuat satu resep tapi menggunakan loyang 18 cm dan sisanya pakai cup papper. Gunakan 3buah loyang yang tingginya 4cm yang sudah diolesi mentega lalu dialasi kertas roti dan ditaburi coklat bubuk agar mudah dikeluarkan.



Bahan-bahan :
339 gr unsalted butter
60 gr coklat bubuk
120 ml air mendidih
300 gr gula kastrol/gula pasir halus
1 sdt essence vanilla
4 butir telur ukuran besar, saya pakai 5 telur ukuran tidak terlalu besar. Kocok lepas
360 gr tepung terigu
1 sdt soda kue
1/2 sdt garam
240 ml susu cair

Ganache :
500gr dark cooking chocolate 
500 gr whip cream cair
75 gr unsalted butter

Simple Syrup:
100 gr gula pasir
100ml air
1/2 sdt essence vanilla

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 180'c, siapkan loyang. 
  2. Ayak coklat bubuk dalam mangkung, masukkan air mendidih. aduk rata hingga berbentuk pasta, sisihkan sampai dingin.
  3. Dalam wadah lain, campur dan ayak tepung terigu, soda kue dan garam. Sisihkan.
  4. Kocok butter dalam baskom besar dengan kecepatan rendah sampai lembut.
  5. Masukkan gula pasir secara bertahap sambil terus dikocok sampai putih dan lembut.
  6. Tambahkan essence vanilla, kocok rata. Masukan kocokan telur sedikit-sedikit kocok rata pada setiap penambahan sampai adonan rata dan tidak memisah. Matikan mixer aduk rata dengan spatula.
  7. Campur susu cair kedalam adonan coklat bubuk yang didinginkan tadi sampai tercampur rata dan adonan coklat larut dengan baik.
  8. Dengan kecepatan rendah masukan campuran terigu sedikit demi sedikit berselang-seling dengan campuran coklat dan susu. Awali dan akhiri sengan campuran tepung. Aduk rata dengan spatula.
  9. Tuang dalam loyang, panggang hingga matang kurang lebih 35-50 menit lakukan test tusuk  hingga cake tidak menempel di lidi/sudah kering. Angkat cake dan dinginkan.

Ganache :
Panaskan whip cream cair hingga lembut dan hangat diatas api kecil.  Masukkan DCC/coklat blok dan butter. Aduk hingga meleleh. Matikan api. Aduk terus hingga tercampur rata dan kental, dinginkan tutup dengan plastik wrap.  Simpan dalam lemari es(dalam freezer juga boleh) selama semalaman.  Ketika akan digunakan kocok dengan mixer sampai lembut dan ringan. Siap digunakan.

Simpel Sirup :
Didihkan gula pasir dan air aduk sampai gula larut. Angkat dan dinginkan. Tambahkan essence vanilla, aduk rata dan siap digunakan.

Penyelesaian :
Ambil satu lembar cake basahi seluruh permukaanya dengan simpel sirup olesi dengan ganache, tutup lagi dengan selembar cake lakukan sampai cake habis. olesi seluruh permukaanya dengan ganache hias sesuai selera.



Saya sengaja tidak menghias DFC ini, hanya memoles seluruh permukaan cake menggunakan ganache saja seperti DFC nya Martha Stewart biar terlihat bener-benar nyoklat banget cakenya. Kalo mau dihias bisa menggunakan topping buah-buahan diatasnya, pagar coklat untuk pinggiran cakenya, menggunakan ganache spread yang di spluit membentuk bunga dan laen sebagainnya atau menggunakan ganache siram. Sesuai dengan selera masing-masing aja yaaa.....yang pasti DFC ini memang cake yang cocok buat chocolate lover.... ^^

Tidak ada komentar: