Rabu, 03 April 2013

Lasagna



Lasagna
Resep by Ricke

Bahan:
1 bungkus kulit lasagna kering (aku kemarin pakai yang ready to bake, jadi ga direbus dulu langsung pakai)
2 liter air
1 sdt minyak goreng
1/2 sdt garam

Saus daging (meat sauce):
2 sdm minyak goreng untuk menumis
1 siung bawang putih, cincang halus
1buah bawang bombay, cincang
500 gram daging sapi giling
50 gram jamur kancing
500 gram tomat merah, kupas, haluskan
1 botol saus tomat
100 ml air
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt oregano kering
1/2 sdt basil kering
2 sdt gula pasir

Saus bechamel (putih):
50 gram mentega/margarin
50 gram terigu
500 ml susu cair
125 gram keju cheddar parut
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Taburan:
100 gram keju quick melt parut
 
Cara membuat:
1. Didihkan air, beri minyak goreng dan garam. Masukkan lasagna. Rebus sampai lunak (kurleb 10 menit). Angkat. Tiriskan. (Pisahkan lembaran lasagna agar tidak menempel satu sama lain)

2. Saus daging : Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna, masukkan jamur kancing, aduk hingga layu. Tambahkan tomat, saus tomat dan air, didihkan. Bubuhi garam, merica bubuk, oregano, basil dan gula pasir. Masak dengan api kecil hingga mengental. Angkat. Sisihkan.

3. Saus bechamel : Lelehkan mentega/margarin dengan api kecil. Masukkan terigu, aduk rata. Tuangi susu cair sambil terus diaduk di atas api kecil sampai halus dan lembut serta tidak menggumpal. Masukkan keju cheddar parut, merica bubuk dan pala bubuk. Angkat. Sisihkan.

4. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin. Tata kulit lasagna, saus daging, saus putih. Tata lagi kulit lasagna, ulangi sampai habis. Akhiri dengan saus putih di bagian atas

5. Taburi dengan keju quick melt dan oregano diatasnya. Panggang dalam oven suhu 180'C selama 30-40 menit sampai bagian atasnya kuning sedikit kecoklatan dan matang.

6. Keluarkan lasagna dari oven, biarkan sebentar sekitar 10-15 menit agar lasagna sedikit set. Potong-potong dan sajikan.


 


Tidak ada komentar: