Jumat, 12 April 2013

Mini Apple Pie




Apel pie lagi...apel pie lagi......sering banget deh buat pie. Tapi untuk kali ini saya buatnya mini-mini aja biar banyak dan lebih praktis makannya.  saya pakai loyang/cetakan pie yang ukuran diameternya bawahnya 5cm dan atasnya 7cm. Dibuat kecil-kecil jadi lebih lama nyetaknya dan makan waktu juga...tapi tetep puas dengan hasilnya apalagi crust nya yang renyah banget.  Berkali-kali buat pie selalu pakai resep crust yang sama karena kulit pienya gak keras, memprul (kata orang jawa bilang ^^) dan lumer di mulut. 
Resepnya dari Joy Of Baking dan sudah di modifikasi oleh Ricke-Ordinary Kitchen. Oh yaaa.... untuk filling saya pakai apel granny smith (apel yang warnanya hijau, rasanya lebih asam dan teksturnya cruncy), sebenernya bisa pakai apel apa aja tidak ada apel khusus untuk filling pie ini. 




Bahan crust :

250 gram terigu all pupose
2 sdm gula bubuk
175 gram margarin/butter, bekukan dan potong-potong dadu
1/2 sdt garam
5 sdm air es 

Cara membuat crust :
  1. Campur terigu, gula bubuk dan garam. Aduk rata. Masukkan margarin/butter beku, proses dengan menggunakan pisau pastry (atau ujung-ujung jari) hingga adonan berbutir-butir. Masukkan air es sesendok demi sesendok sambil diuleni dengan sendok kayu hingga kalis. Hentikan penambahan air jika adonan dirasa sudah cukup kalis, atau tambahkan jika dirasa masih kering.
  2. Bungkus dengan plastik wrap. Istirahatkan dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam.

Bahan filling :
 
3 buah apel granny smith
1 sdt air jeruk lemon
50-75 gula pasir halus
1-2 sdm gula aren bubuk (bisa pake gula merah yg disisir halus)
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt pala bubuk
Sejumput garam
1 sdm maizena/terigu
25 gram margarin/butter, bekukan dan potong-potong dadu kecil

Cara membuat :
  1. Kupas apel potong dadu kecil. Campur dengan air jeruk lemon. Aduk rata. Masukkan gula pasir halus, gula aren bubuk, kayu manis bubuk, dan garam. Aduk rata. Simpan dalam lemari es minimal 30 menit hingga apel berair.
  2. Keluarkan dari lemari es. Taburi maizena dan aduk rata. Panaskan apel bersama juicenya di atas api hingga mengental dan apel agak lunak. Angkat. Sisihkan.
  3. Setelah filling dingin masukkan margarin/butter aduk rata.
 
Olesan :
1 kuning telur, kocok lepas

Penyelesaian :
  1. Ambil adonan, gilas tipis setebal kira-kira 1/2 cm, cetak dalam loyang pie mini yang telah dioles margarin dan sisa kan adonan untuk penutup dibagian atas.
  2. Masukkan filling apel di atas adonan dan ratakan 
  3. Gilas sisa adonan crust potong memanjang, letakan menyilang di atas filling rekatkan adonan di pinggir loyang pie. 
  4. Oles dengan kuning telur dan panggang dengan suhu 180'C selama 30 menit hingga matang kecoklatan dan juice apelnya terlihat mendidih. Angkat. 
  5. Biarkan dalam loyang hingga agak dingin. Baru keluarkan.



Tidak ada komentar: