Selasa, 23 April 2013

LBT#24. TORTILLA BEEF SAUCE MAYO

          Di Mexico, Amerika Tengah, Amerika Serikat dan Kanada, tortilla adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum. Yang terbuat dari jagung giling adalah tortilla ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla yang 'asli'. Faktanya memang tipe tortilla ini telah ada sebelum kedatangan bangsa Eropa di Benua Amerika, dan mendapatkan nama 'tortilla' dari orang-orang Spanyol karena kemiripannya dengan kue dan telur dadar tradisional Spanyol. Berdasarkan ilmu asal kata (etymology), kata tortilla berasal dari kata torta yang berarti sebuah kue bundar.
         Tortilla yang terbuat dari gandum adalah sebuah hasil inovasi setelah terigu dibawa ke Dunia Baru dari Spanyol ketika daerah tersebut masih menjadi daerah jajahan Spanyol. Roti ini terbuat dari adonan yang berair dan tanpa ragi, yang kemudian ditipiskan dan dimasak seperti tortilla jagung. Tortilla gandum ini sangat mirip dengan roti tanpa ragi yang terkenal di Arab, negara-negara Mediterania Timur dan Asia Selatan, walaupun lebih tipis dan lebih kecil ukurannya. Di Tiongkok dikenal laobing, kue tebal berbentuk bundar seperti pizza, sementara di India ada roti yang terbuat dari gandum. Keduanya adalah contoh kue dari negara lain yang mirip dengan tortilla. Sumber dari Wikipedia.
 


Tema LBT#24 untuk bulan ini adalah membuat Tortilla Homemade, antusias banget buatnya karena saya hobby banget makan tortila yang dikemas seperti di resto ayam cepet saji atau di gerai-gerai kebab. Untuk resepnya saya menggunakan resep tortilla dari Food.com. Alhamdulillah setelah liat cara membuatnya di youtube apalagi cara menggilas adonannya agar bentuknya bisa bundar dan tipis akhirnya saya coba eksekusi di dapur.
 Tortilla adalah sejenis pancake bundar tipis terbuat dari tepung jagung. Secara tradisional, tortilla dibuat dari adonan tepung jagung yang disebut masa, yang diuleni di atas batu yang disebut metate kemudian dibentuk bundar lalu dipanggang dalam oven dari tanah. Kini, tersedia totilla siap pakai dengan diameter yang bervariasi. Sebelum digunakan, panggang tortilla hingga sedikit kecokelatan di kedua sisinya. Bila ingin lebih praktis, panaskan dengan menggunakan wajan dadar. Tortilla bisa diperlakukan sebagai roti atau diberi adonan isi kemudian dilipat atau digulung.



Bahan Tortilla :
2 cups tepung serba guna protein sedang
1/2 sdt garam
1/4 cup minyak zaitun/mentega putih
1 sdt baking powder
1/2 cup air panas atau 1/2 cup susu (bisa ditambah menjadi 3/4 cup apabila adonan blom kalis)

Cara Membuat :
  1. Masukan bahan kering seperti tepung,garam dan baking powder dalam wadah.
  2. Masukan minyak zaitun dalam wadah bahan kering, lalu aduk dengan menggunakan ujung jari sampai berbutir.
  3. Tambahkan air/susu, aduk/uleni sampai semua bahan menyatu dan tidak lengket pada wadah. Tutup adonan menggunakan plastikk wrap diamkan 30 menit.
  4. Bagi adonan menjadi 6-8 bagian lalu bulatkan, diamkan lagi selama 5-10 menit tutup mengguanak lap bersih hingga adonan agak lembab.
  5. Ambil satu adonan, pipihkan gilas sampai tipis.
  6. Panggang dalam wajan datar yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, kecilkan apinya. Panggang adonan kira-kira 30detik untuk satu sisi, lakukan hal yg sama untuk sisi lainnya.
  7. Angkat, simpan dalam lipatan lap bersih/serbet dan siap digunakan.

 Cara menggilas adonan agar bundar dan tipis yaitu gilas adonan keatas putar 45derajat,
gilas lagi keatas sampai adoan bundar lalu terakhir gilas berulang-ulang sampai adonan tipis.



Bahan Beef Sauce Mayo :
  
300 gr daging sapi giling
1 buah bombay, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah paprika merah, potong dadu kecil
1/2 buah paprika kuning, potong dadu kecil
1 sdm kecap inggris
3 sdm saus tiram
2sdm minyak goreng, untuk menumis
garam, merica dan gula pasir secukupnya
Pelengkap:
Daun selada, iris-iris sekitar 1cm
Mayonais
Saus tomat
Saus sambal

Cara Membuat :
  1. Siapkan wajan, panaskan minyak tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dan layu. Masukan daging giling aduk sampai berubah warna. dan daging mengeluarkan air.
  2. Tambahkan kecap inggris, saus tiram aduk rata. Tambahkan garam, merica dan gula pasir. Cicipi rasanya.
  3. Masukan Paprika merah dan kuning masak sampai daging matang atau air berkurang/kering.
  4. angkat. Sisihkan.
Penyelesaian :
Ambil selembar kulit tortilla olesi dengan mayonaise, saus tomat dan saus sambal (bila suka pedas). Beri daun selada dan tumisan daging lalu gulung.



 Seneng-seneng......hasilnya enak banget, kalau gak karena tantangan dari LBT untuk buat tortilla homemade mungkin saya masih tetep beli yang siap pakai (mana harganya lumayan mahal....).  Ternyata buatnya simpel banget bahan-bahannya juga ga banyak macamnya dan gampang banget didapat. Satu adonan ini saya bagi 8 buah jadi tortillanya tidak terlalu besar.  Saya buat tortilla ini sampai 2kali karena bahan isiannya masih sisa banyak akhirnya besok paginya saya buat lagi untuk sarapan dan emang udah di request kaka kayla.


 Thanks LBT semoga makin solid yaaa.....

Tidak ada komentar: