Jumat, 26 Juli 2013

BLUDER TAPE




Bluder tape ini menu buka puasa seminggu yang lalu, alhamdulillah dapat dikasih mertua tape singkong, ubi ungu dan ubi jalar biasa yang putih, untuk stok bikin tajil buat buka puasa. Tapenya msh ada setengah lagi di kulkas, ubi yang putih udah dibuat biji salak dan ubi ungunya masih ngadem di frezer sebelumnya sudah saya kukus terus dihaluskan bungkus kemasan plastik ntar tinggal ambil aja kalau mau pakai. Tadinya pengen banget buat colenak tapi ga punya kelapa parutnya buat saus untinya, bikin cake dan prol tape sudah pernah jadi nyoba buat bluder tape aja pakai resep dari Sajian Sedap.


BLUDER TAPE
Sumber : Sajian sedap

Bahan Biang:
1/2 sendok makan ragi instan
1 sendok teh gula pasir
100 ml air hangat

Bahan:
200 gram margarin
150 gram gula pasir halus
1/4 sendok teh esens vanili
150 gram tape singkong, dihaluskan
4 butir telur
300 gram tepung terigu protein sedang
20 gram susu bubuk
1 sendok teh baking powder
30 gram keju cheddar parut
15 gram keju cheddar parut untuk taburan


Cara Pengolahan :
  1. Biang: larutkan ragi instan, gula pasir, dan air hangat. Diamkan 15 menit sampai berbusa.
  2. Kocok margarin, gula pasir halus, dan esens vanili sampai lembut. Tambahkan tape singkong. Kocok perlahan.
  3. Masukkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
  4. Masukkan sisa tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan bergantian dengan biang. Tambahkan keju parut. Aduk rata.
  5. Tuang dalam papper cup. Diamkan 45 menit sampai mengembang. Tabur keju parut.
  6. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang.

6 komentar:

Ike Juwita mengatakan...

Bagus mbak, TOP MArkotop itu..... kalo pake papercase yang kotak itu, gag usah pake loyang lagi tah mbak?

Isna Sutanto mengatakan...

makasih mba ike, ga usah mba adonan langsung aja dimasukin ke papercup nya

grace mashur mengatakan...

Biangnya itu kapan dimasukkin ke adonan ya...mohon petunjuk :)

Isna Sutanto mengatakan...

Pd tahap no 4 .....Biang di masukan bergantian dengan setengah campuran terigu.

Emma Love Cooking mengatakan...

Papercupnya perlu diolesi margarin n terigu gak mbak?

Isna Sutanto mengatakan...

haii mba Emma....

papercupnya tidak perlu dioles margarin, langsung tuang adonan aja.