Rabu, 17 Juli 2013

LBT#25 ROTI KOMPYANG




        Tema LBT#25 adalah Roti Kompyang. Roti Kompiang/Kompyang adalah Roti tradisional khas Tionghoa, menurut sejarah roti ini dibuat khusus untuk bekal para tentara yg sedang berperang, sehingga teksturnya dibuat keras agar tidak mudah hancur saat dibawa dimedan perang, dan bentuknya pipih serta memiliki lubang kecil dibagian tengahhnya, ini ditujukan agar roti ini bisa dirangkai menyerupai kalung dan bisa dengan mudah dimakan dimana saja karena biasanya para tentara ajan mengalungkan roti ini dilehernya. Namun seiring dengan perkembangan zaman kini roti kompyang sudah banyak modifikasi, mulai dari bentuknya yang tidak berlubang, hingga variasi isiannya. Roti Kompyang ini sangat cocok sekali sebagai teman minum teh (Sumber, LBT).
       Saya sendiri baru dengar tentang roti kompyang ini yaa dari tantangan LBT ini, alhamdulillah jadi menambah pengetahuan tentang roti-rotian dan yang paling penting bisa buat sendiri. Liat komentar temen-teman yang sudah buat dan setor roti kompyang ini katanya teksturnya keras dan bikin kenyang, kalau saya buat polos tanpa isian kayaknya roti kompyang ini gak bakan dimakan sama anak-anak jadi saya buat pakai isian aja. Karena teksturnya yang keras jadi saya buat isiannya daging giling dan jagung yang sudah ditumis, cocok banget dijadikan menu sarapan. Waktu dimakan masih hangat menurut saya roti ini tidak terlalu keras, alhamdulillah anak-anak suka dan gak sabar langsung ambil rotinya begitu keluar dari oven. Cocok banget dimakan pakai saus sambal atau mayonais, enak dan beneran bikin kenyang.




Untuk resep roti kompyang ini saya liat di lezatgrup.com dan untuk isiannya saya sesuaikan dengan persediaan yang ada dirumah.

ROTI KOMPYANG
Sumber : Lezatgroup modif by isna

Bahan Roti :
250 gr tepung protein tinggi
4 gr ragi instant
3 gr garam
175 gr air (saya ganti dengan susu cair/uht)

Bahan Isian :
200 gr daging sapi giling
1 buah jagung manis, pipil/sisik halus
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
1 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm kecap inggris
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
garam, secukupnya
1 sdm minyak goreng, unyuk menumis

Taburan/olesan :
1 butir kuning telur
wijen putih secukupnya
seledri cincang halus

Cara Membuat :
  1. Campur tepung terigu bersama ragi dan garam, aduk rata.
  2. Tuang air sedikit-sedikit sambil terus diaduk sampai tercampur rata. Diamkan selama 30 menit tutup dengan plastik wrap/serbet lembab
  3. Sambil menunggu roti buat isiannya, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum masukan daging sapi giling aduk sampai berubah warna lalu tambahkan jagung manis.
  4. Tambahkan kecap inggris, merica, gula pasir dan garam, aduk rata sampai matang, angkat.
  5. Potong adonan sebesar 50 gram, beri bahan isian dan bentuk bulat. Letakan diatas loyang datar yang telah diolesi margarin.
  6. Oles permukaan roti dengan kuning telur lalu taburi dengan wijen dan seledri cincang diatasnya.
  7. Panggang dalam oven suhu 160'C yang sudah dipanaskan hingga kecoklatan dan matang.
  8. Angkat, sajikan.

1 komentar:

www.muslimahonline.net mengatakan...

Assalamu'alaikum.. blogwalking + cari-cari inspirasi..

blognya sudah saya follow, ditunggu follow baliknya ke www.muslimahonline.net ya.. ^_^
salam kenal..