Jumat, 26 April 2013

CREPES KEJU & STRAWBERRY



 Asal kata “crepe” dari bahasa Latin crispa yang artinya curled (dilipat). Crepe adalah sejenis pancake atau kue dadar tetapi lebih tipis yang berasal dari Perancis, umumnya terbuat dari adonan telur, tepung, butter dan susu/air. Penyajian crepe dapat digulung atau dilipat, dapat juga diisi dengan berbagai macam isian. Crepes dapat dimakan dengan makanan apapun apabila ia diasinkan, dan diisi dengan keju, daging, telur, jamur atau sayur-sayuran. Crepe yang manis dapat dijadikan sebagai desert/makanan penutup. Crepe dapat diisi dengan berbagai jenis makanan manis seperti selai, coklat leleh, susu, es cream, buah-buahan, kacang, kayu manis dan sebagainya. Sebagai topping atau atasnya dapat digunakan gula bubuk, jus lemon, buah-buahan yang dipotong dan whipped cream. Mille Crepes adalah crepes yang disajikan dalam tumpukan banyak seperti cake dan bisa diisi dengan berbagai macam filling seperti whipcream, ganache, vla atau selai, dapat juga disisipi buah2 an, coklat chip dan kacang-kacangan.





Anak–anak kaka Kay dan ade Khansa suka banget sama camilan satu ini, crepes ini request nya kaka kay sebelum berangkat ngaji tapi sore, ‘pulang ngaji kaka mau makan crepes yang keju yaa ma...’ pesen kaka sebelum berangkat ngaji. Alhamdulillah siap dilaksanakan karena pas banget requestnya ga terlalu ribet dan bahan-bahannya udah tersedia di rumah. Saya buat crepes dengan isian keju kesukaan kaka Kay, coklat meses buat ade Khansa dan isi selai stawberry ditambah potongan buah strawberry special buat mama hehee......Klo ayah sih semua filling doyan. Ini dia resep crepes yang selalu saya pakai....




Bahan-bahan:
200 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1 butir telur
50 gram gula pasir halus
300 susu cair
¼ sdt garam
2 sdm mentega, lelehkan

Cara membuat:
  1. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam dalam satu wadah. Sisihkan
  2. Kocok lepas telur dan gula pasir halus dengan menggunakan wisk sampai gula larut. Tuang susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  3. Tuang campuran telur dan susu ke dalam wadah tepung terigu sambil diaduk rata, tambahkan mentega leleh aduk sampai semua bagan tercampur rata.
  4. Panaskan wajan anti lengket/wajan martabak, tuang satu sendok sayur kecil adonan segera ratakan sampai tipis.
  5. Beri coklat mesis atau parutan keju cheddar , segera lipat dua dan lipat lagi dua bagian.


Yang sempat diabadikan hanya yang isi keju dan strawberry ini, karena crepes isi coklat buatnya sedikit ternyata coklat mesesnya tinggal sedikit dan gak punya stok lagi. Ini pun sisa beberapa potong crepes saja yang saya tahan untuk di jepret-jepret dulu. Abis masih di wajan aja nih crepes dah di tungguin sama kaka dan ade, jadi setiap mateng langsung ludes terus..... Hasil crepes nya memang tidak bisa setipis dan segaring crepes yang di jual abang-abang atau gerai-gerai crepes yang di mall itu, karena saya pakai wajan teflon yang ukuran kecil yang saya putar dan menggunakan belakang centong sayur untuk meratakan adonannya biar berbentuk bulat dan tipis.

 Bergaya maem crepes buatan mama sambil berjemur di belakang rumah.....
cup....cup....muach chayang




2 komentar:

Anonim mengatakan...

"Saya pakai wajan teflon yang ukuran kecil yang saya putar"---> cara mutar teflonnya gmn mbak? -indah

Isna Sutanto mengatakan...

haloooo Indah.....

Gagang teflon dipegang, tuang adonan lalu goyangkan teflon sampai adonan menutupi dasar teflon :).