Kamis, 08 Mei 2014

BLACK ANGEL CAKE



Cake ini saya buat karena punya banyak stok putih telur. Rencana mau dibuat angel cake, resepnya Anna Olson yang sudah lama saya save tapi belum sempat diesekusi. Biarpun sudah ada resepnya iseng-iseng saya googling lagi resep angel cake, eh kok nemu resep black angel cake. Baca nama cake ini aja udah bikin saya penasaran. Dan ternyata bahannya sama persis dengan angel cake, bedanya untuk black angel ini ditambahkan ketan hitam pada adonannya, ini yang membuat warna cakenya menjadi hitam. Semakin penasaran akhirnya saya putuskan untuk membuat black angel cake ini saja, apalagi resepnya punya ibu Fatmah Bahalwan yang sudah tidak diragukan lagi hasilnya.

Cara membuat cake ini seperti chiffon, putih telur harus dikocok sampai kaku (soft peak) baru dicampur dengan adonan tepung. Setelah cake dikeluarkan dari oven harus langsung dibalik agar cake tidak turun/kempes, klo tidak punya loyang chiffon yang ada kakinya bisa dibantu dengan botol. Jadi loyang tulban dibalik, lubangnuya dimasukan ke dalam leher botol diamkan sampai cake dingin. setelah itu baru dikeluarkan dari loyang, dengan bantuan pisau untuk melepas sisi-sisinya.  Nah karena saya kelupaan ngebalik cake setelah matang, cake saya jadi ambles dan bagian pinggirannya menyiut tuh.



Kalau ditanya soal rasa dan tekstur black angel cake ini, menurut saya untuk cake yang hanya menggunakan putih telur saja cake ini sudah enak banget. Teksturnya ringan dan lembut seperti chiffon, dan rasa ketan hitamnya tidak begitu dominan. Alhamdulillah overall saya puas dengan hasilnya, walaupun bentuknya menciut kurang tinggi. Insya Allah kapan-kapan wajib dicoba lagi.



BLACK ANGEL CAKE
resep: Fatmah Bahalwan

Bahan A:
75 gr    terigu protein sedang
75 gr    tepung ketan hitam
20 gr    susu bubuk
1 sdt    baking powder
½ sdt   garam
½ sdt   soda kue
175 ml air
60 ml   minyak sayur
2 sdm  susu kental manis

Bahan B:

250 ml putih telur
160 gr  gula pasir
½ sdt   garam

Cara membuatnya:
Campur bahan A aduk rata dengan whisker, sisihkan.
Kocok bahan B sampai benar-benar kaku.
Campur adonan A dengan adonan B, lalu aduk rata hingga menjadi adonan yang ringan.
Tuang kedalam loyang chiffon garis tengah 20cm.
Panggang dalam oven selama 90 menit suhu 160’C
Angkat, lalu dinginkan dengan posisi loyang dibalik.
Lepaskan dengan bantuan spatula atau pisau.

Happy baking.....



3 komentar:

Anonim mengatakan...

Halo mbak... gmn mksdnya loyang dibalik, trus diisiin botol.. mohon pencerahannya ya. ato klo ada poto step by stepnya deh.. maklum saya amatir d dunia baking. makasi banyak ya mbak.. :))

indah

Isna Sutanto mengatakan...

haloo mba indah...

Seharusnya dalam membuat cake ini memakai loyang ciffon, yaitu loyang yg kalau dibalik ada penyangganya, jd cakenya tidak menempel. karena saya tidak memakai loyang ciffon jd saat membalik cake yang masih di dalam loyang, disangga oleh botol yg dimasukanan ke dalam lubang loyang. jd posisi cakenya terbalik.

insya allah kalau buat cake ciffon saya foto yaa mba, tahap membalik cake ini.

Hagya Sophia mengatakan...

waah enak banget tuh kayanya yaa mba? aku baru tau kalo angel cake bisa dibikin jadi black angel cake hehehee
wah pas banget buat cemilan anak dirumah yaaa
makasih mba buat resep dan reviewnya hehe

salam kenal