Sabtu, 03 Mei 2014

POTATO BUNS (ROTI KENTANG)



Sudah sering saya lihat potato buns ini wara-wiri di blog temen-temen tapi baru kali ini saya kesampean membuat roti ini. Buatnya sekitar seminggu yang lalu, mumpung lagi rajin pagi-pagi saya sudah buat adonan rotinya, semua bahan saya masukan dalam bread maker lalu saya tinggal mengerjakan pekerjaan yang lain. Kentang kukus yang sudah halus dan vla vanilanya sudah saya siapkan sebelumya, jadi saya tinggal menunggu adonan rotinya mengembang. Bisa juga menggunakan vla vanila instan, karena saya tidak punya jadi saya buat vla vanila yang biasa untuk isian kue soes setengah resep saja.

Ternyata rasa dan tekstur roti kentang ini lembut dan empuk banget, sesuai dengan bayangan saya. Padahal roti ini tanpa bread improver atau bread emulsifier, jadi yang membuat roti ini empuk adalah karena penambahan kentang kukus. Sebaiknya kentang kukus yang dihaluskan harus benar halus dan lembut jangan sampai masih ada gerindilan kasar, karena akan mempengaruhi tekstur rotinya nanti. Adonan roti pada awalnya lengket tapi setelah diuleni sampai kalis elastis adonan akan licin.

Senangnya pagi-pagi sudah bisa sarapan roti panas-panas langsung dari oven. Tidak sia-sia bangun pagi langsung mengerjakan adonan roti, hasilnya puas banget. Fotonya pun langsung dari meja dapur yaaa... karena pagi-pagi sudah sibuk ngurusin anak yang mau berangkat sekolah.  Oiya resep roti kentang ini saya liat dari blognya Ricke ordinary kitchen. Berikut ini saya share resepnya.







POTATO BUNS (ROTI KENTANG)

Bahan :
100gram kentang kukus, haluskan
200gram terigu protein tinggi
100gram terigu protein sedang
6gram ragi instan
65gram gula pasir
10gram susu bubuk full cream
1 sdt vanila bubuk
2 kuning telur
125mlair es/susu cair dingin, gunakan sesuai kelembaban tepung
1/2 sdt garam
35gram margarin  

Polesan:
susu cair
margarin
 
Topping vla vanila :
1 btr kuning telur
25 gr tepung Maizena
250 ml susu segar
40 gr gula pasir

Cara membuat vla vanila :
Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, tambahkan kocok kuning telur, aduk rata sisihkan. Didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut. Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat sampai rata, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat, dinginkan.
 
Cara membuat roti :
  1. Dalam wadah besar, satukan terigu, gula, ragi bubuk dan susu bubuk, aduk rata. Masukkan vanili bubuk, kuning telur dan kentang lumat, uleni rata.
  2. Masukkan air/susu dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni, sesuaikan dengan adonan, uleni hingga setengah kali.
  3. Masukkan margarin dan garam, uleni dan banting-banting adonan hingga kalis.
  4. Siapkan wadah besar yang beroles minyak goreng, letakkan adonan yang sudah kalis didalamnya, tutup dengan serbet basah atau plastik bening, biarkan mengembang dua kali lipat kurang lebih 45 menit hingga 1 jam.
  5. Kempeskan adonan, uleni lagi sebentar hingga halus dan elastis kembali. Bagi adonan menjadi 16 bagian sama rata, bulatkan adonan diamkan 10 menit. Pipihkan adonan dan beri isian sesuai selera atau tanpa isian. Bulatkan lalu susun berjejer dalam loyang ukuran 22x22x7cm, diamkan sampai mengembang dua kali lipat selama 30 menit.
  6. Panaskan oven pada suhu 180-200'C, olesi permukaannya dengan susu cair dan semprotkan vla diatasnya. Panggang dalam oven selama kurang lebih 15 menit hingga matang dan bagian atasnya kecoklatan.
  7. Angkat, panas panas olesi permukaannya dengan margarin. 





2 komentar:

resep donat kentang lembut mengatakan...

makasih resepnya bund, siap untuk dicoba, semoga berhasil bikinnya deh

Hanna Justicia mengatakan...

Barusan buat untuk Vla nya.. Tapi gagal. Tidak mau mencari saat di panggang. Sedihhhh sekali