Jumat, 07 November 2014

CAKE PISANG COKLAT KETAN HITAM



Setiap membeli pisang ambon/pisang raja untuk dimakan langsung atau dibuat smothies, biasanya saya menyisihkan 5 buah pisang untuk didiamkan sampai kulitnya menghitam. Pisang yang sudah sangat masak dan kulitnya menghitam sangat cocok dibuat cake, muffin, pancake atau olahan lainnya yang menggunakan pisang yang dihaluskan. Karena pisang yang seperti ini rasanya akan lebih manis dan aroma wangi pisangnya lebih keluar apabila dipanggang atau dikukus.

Biasanya pisang yang sudah masak saya buat banana bread atau muffin, yang praktis dan cara membuatnya pun mudah. Tapi kali ini saya membuat cake pisang yang dicampur ketan hitam dan coklat. Resepnya saya dapat dari Sajian Sedap bahan-bahannya simpel dan cara membuatnya pun mudah.



CAKE PISANG COKLAT KETAN HITAM

Bahan-bahan :
200 gram margarin
125 gram gula pasir halus
150 gram pisang ambon kupas, dihaluskan
4 butir telur
75 gram tepung terigu protein sedang
100 gram tepung ketan hitam
25 gram cokelat bubuk
1 sdt baking powder


Cara membuat :
  1. Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  2. Masukkan pisang ambon. Kocok rata. Tambahkan sisa tepung terigu, tepung ketan hitam, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
  3. Tuang di loyang tulban diameter 18cm.
  4. Oven 40 menit dengan suhu 180'C.
  5. Angkat, dinginkan. Potong dan sajikan.

 Kalau ditanya soal rasa cake ini, sudah bisa dibayang kan tentunya. Cake yang hanya memakai salah satu bahan utama cake ini saja sudah enak, nah cake ini memakai pisang, coklat dan ketan hitam. Jadi rasanya sudah pasti mantap dong yaa. Buktinya kue ini langsung laris manis dirumah dan anak-anak juga suka.




4 komentar:

jeani apriyanti mengatakan...

Mba kl gak pk tepung ketannya gak aku pk bs gak mba?

Isna Sutanto mengatakan...

Bisa ganti saja dengan tepung terigu. atau bisa juga pakai resep banana bread

Isna Sutanto mengatakan...

Bisa ganti saja dengan tepung terigu. atau bisa juga pakai resep banana bread

jeani apriyanti mengatakan...

ok tq yaaa mba,maaf br komen skr...soalnya br buka lappy jg...