Selasa, 18 November 2014

LBT#34. LAMINGTON CAKE





Untuk tema LBT#34 adalah Lamington Cake. Sebenarnya ini tema LBT bulan Oktober tapi karena waktu itu saya sedang diluar kota jadi belum sempat menulis resepnya, dan baru kali ini saya sempat untuk berbagi resepnya.





Berikut ini sedikit sejarah tentang Lamington cake. Lamington Cake adalah salah satu kue yang terkenal yang berasal dari Australia,kue ini sangat populer dan banyak disukai semua orang, secara umum kue ini berukuran kecil yang dilapisi coklat dan kelapa parut kering dibagian luarnya. Kue ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Lord lamington, Gubernur ke-8 Queensland. konon ceritanya ada pelayan yang tidak sengaja menjatuhkan kue bolu kedalam coklat cair, karena tidak ingin membuang makanan Lord Lamington menyarankan untuk mencelupkan bolu tersebut kedalam kelapa agar coklatnya tidak menempel ditangan. Hasilnya Lord Lamington sangat menyukai rasa unik kue tersebut dan menganggap kesalahan pelayan itu sebagai awal penciptaan kue yang enak. Lamington cake dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk cake seperti lamington ball, lamington heart, lamington fingger dan bentuk lainnya. Untuk dasar cakenya bisa menggunakan sponge cake atau buttercake lembut kemudian digulingkan kedalam kelapa parut kering (Sumber: Deskripsi LBT).

 Untuk basic cakenya saya memakai resep butter cake dasar 2 telur NCC yang saya ditambahkan sedikit pasta pandan agar adonannya berwarna hijau dan beraroma pandan. Sedangkan untuk topping menggunakan dark chocolate/coklat blok yg dicampur susu cair dan butter. Untuk filling bisa memakai bahan yang sama dengan topping atau memakai selai, butter cream dan ganache. Karena malas untuk membuat filling nya lagi, akhirnya saya memakai whippy cream instant. 






Bahan :
120 gr mentega
½ sdt vanilla
250 rg gula pasir
2 butir telur
200 rg tepung terigu
1 sdt Baking Powder
150 ml susu segar
Pasta pandan secukupnya

Bahan Toping:
75 ml susu cair
150 gram dark cooking chocolate, potong – potong
1 sendok makan mentega

Bahan Krim (kocok Mengembang):
50 gram krim bubuk
100 ml air es

Bahan Taburan:
50 gram kelapa kering siap pakai 

Cara membuat : 
  1. Panaskan oven 180 derajat Celcius.
  2. Kocok mentega, gula, vanilla hingga mengembang dan pucat. Masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
  3. Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk. Tambahkan pasta pandan aduk rata.
  4. Tuang ke dalam loyang kotak 24x10x6cm  yang telah dioles margarine dan dialasi kertas roti. Panggang hingga matang, kurang lebih 30 menit. Angkat, dinginkan.
  5. Toping: panaskan susu cair. Matikan api. Masukkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai larut. Tambahkan mentega. Aduk rata dan kental.
  6. Belah dua cake. Semprot tengahnya dengan krim, ratakan. Tutup dengan sisa potongan cake. Dinginkan.
  7. Oles seluruh permukaan cake dengan toping. Tabur kelapa kering. Simpan dalam kulkas sampai cake set dan kelapa menempel.
  8. Potong-potong, cake siap disajikan.
Selamat mencoba... happy baking ^^



Tidak ada komentar: