Kamis, 13 November 2014

CINNAMON ROLL BUN





Roti ini adalah salah satu roti favorit saya, suka banget dengan wangi kayu manisnya apalagi ketika dipanggang, hmmm.... menyebar deh keseluruh ruangan. Lagi-lagi untuk basic rotinya saya memakai water roux, karena dengan cara ini akan menghasilkan roti yang teksturnya lembut. Bisa juga menggunakan resep andalan masing-masing, sesuaikan saja dengan selera. Untuk frostingnya saya memakai keju cheddar yang dicairkan dengan susu, butter dan sedikit gula. Bisa juga keju cheddar diganti dengan cream cheese atau apabila tidak suka keju bisa diganti dengan coklat blok putih yang dilelehkan. Menurut saya sebetulnya tanpa frosting pun roti ini sudah enak dimakan gitu aja, apalagi dinikmati selagi hangat.

CINNAMON ROLL BUN

Water roux :
- 25 gr tepung terigu protein tinggi
- 125 ml air

Campur air dan tepung terigu dalam panci, aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental jangan sampai mendidih. tandanya apabila diaduk dengan sendok akan terbentuk jejak sendok di dasar panci.

Bahan :
- 200 gr tepung protein tinggi
- 100 gr tepung protein sedang
- 60 gr gula pasir
- 1 sdm susu bubuk full cream
- 1kuning telur+1/2 putih telur
- 5 gr ragi instant 
- 100 gr water roux
- 80-100nml air hangat
- 40 gr margarin
- 1/2 sdt garam 

Filling/bahan olesan :
mentega
gula palem
kayu manis bubuk
kismis

Frosting/Cream Cheese Glaze
100 ml susu cair
70 gram keju cheddar parut halus
1 sdm gula pasir
20 gram butter 

Cara membuat : Panaskan susu cair dan gula pasir, masukan keju parut. Aduk perlahan menggunakan wish hand hingga mendidih dan keju larut. Angkat, tambahkan butter. Aduk lagi sampai licin dan tercampur rata. Dinginkan.

Cara membuat :
  1. Campur terigu, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir aduk rata.
  2. Tambahkan water roux, kuning telur, putih telur dan air hangat sedikit demi sedikit sampai diuleni hingga adonan kalis.
  3. Tambahkan mentega dan garam uleni lagi hingga kalis elastis, adonan mulus, licin dan  adonan tidak mudah sobek saat ditarik.
  4. Simpan dalam wadah yang sudah diolesi sedikit minyak dan tutup dengan serbet lembab atau plastik warp diamkan kira-kira 45-60 menit sampai adonan mengembang 2kali lipat.
  5. Kempeskan adonan gilas tipis buat bentuk kotak. Oles dengan mentega, taburi gula palem yg sudah dicampur kayu manis bubuk. Tabur kismis. Gulung sambil dipadatkan. Potong-potong setebal 2 cm.
  6. Susun dalam pinggan tahan panas atau loyang. Oles ujungnya dengan putih telur/air. Diamlan 30 menit sampai mengembang.
  7. Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat Celsius. Angkat, sajikan dengan cream cheese glaze.



Tidak ada komentar: