Rabu, 12 November 2014

MOLTEN CHOCOLATE CAKE/CHOCOLATE LAVA CAKE



Sebagai yang mengaku penggemar coklat, wajib coba cake coklat ini. Ada yang menyebut cake ini dengan molten chocolate cake, chocolate fondant atau  chocolate lava cake. Ciri khas cake ini yaitu apabila di belah bagian tengahnya akan keluar coklat yang mengalir dari dalam cakenya. Jadi cake ini dipanggang setengah matang, tidak sampai mengeras atau matang sempurna. Untuk mendapatkan cake yang melted sewaktu dibelah, kesulitannya ada pada proses memanggangnya. Tapi dibilang sulit juga nggak, intinya apabila pinggiran cake dicetakan sudah mulai mengering dan bagian tengah masih basah dan goyang apabila digerakan itu tandanya cake siap untuk di angkat. Waktu memanggangnya tergantung ukuran mold atau cetakan yang dipakai dan panas oven yang berbeda-beda. Semakin besar cetakan waktu memanggang akan lebih lama, jadi perhatikan saja apakah pinggiran cakenya sudah melepas dari cetakannya tapi bagian tengah masih basah.

Resepnya saya dapat dari BBC good food.com punya Chef Gordon Ramsay juri Master Chef US. Tapi resep yang saya buat sudah saya modifikasi, seperti jumlah telurnya dan dalam resep asli tidak memakai coklat bubuk. Saya hanya membuat setengah resep, dan resep yang saya share ini sudah saya bagi dua yaa. Hasilnya sekitar 12 cetakan muffin kecil. Kalau mau liat resep aslinya silahkan klik disini.



MOLTEN CHOCOLATE CAKE/CHOCOLATE LAVA CAKE

Bahan-bahan :
100 gram cokelat masak pekat/dcc, potong – potong
100 gram butter/margarin
3 butir telur
100 gram gula halus
80 gram tepung terigu protein sedang
20 gram coklat bubuk
1/4 sdt garam

Cara membuat :
  1. Siapkan cetakan muffin, oles margarin. Sisihkan
  2. Tim potongan cokelat, butter/margarin dan garam sampai meleleh. Sisihkan biarkan dingin selama 5 menit.
  3. Kocok telur dan gula sampai mengembang, kental dan berjejak. Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
  4.  Tambahkan campuran cokelat leleh dalam 3 tahap. Aduk rata.
  5. Tuang adonan hampir penuh pada cetakan muffin.
  6. Panggang pada suhu 200'C sekitar 8 menit atau sampai permukaannya muncul crust dan pinggirannya sudah mengeras/ mulai terlepas dari cetakannya.
  7. Angkat, biarkan 1 menit sebelum dibalik ke piring saji.
  8. Sajikan dengan taburan gula halus.
Selamat Mencoba.....





11 komentar:

Elrossam mengatakan...

mba isna salam kenal :)
btw, bisa gak bikin coklat lava gini pake cara dikukus atau dipanggangnya di magic com?
ga punya oven soalnya :(

Isna Sutanto mengatakan...

Salam kenal Elrossam....
Saya belum pernah coba sih kalau dikukus. setahu saya lava cake untuk membentuk bagian luarnya supaya kokoh dipanggang dengan suhu yang tinggi.

Ida mengatakan...

Aslmlkm mb Isna, wah saya baru tau kalo lava cake gini gak pake isian. Saya kira dulu bikin cake coklat trus dalemnya diisi pake coklat masak, jadi pas dipotong isian coklatnya meleleh kayak lava.
Btw, ini disantapnya pas anget gitu ya? Kalo dah dingin, coklatnya tetep meleleh gak? Belum pernah makan lava cake yang dingin, biasanya di resto kan selalu dihidangkan anget.
Tks mbak Isna.

Isna Sutanto mengatakan...

waalaikumsalam wrwb...

halo mba Ida, ada juga resep lava cake yang pakai isian dcc didalamnya.tapi klo resep yg saya coba ini tidak pakai. disantap pas anget lebih enak mba coklatnya masih meleh, kalau sudah dingin coklatnya tidak akan meleleh.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum..
Bunda.. Tepung terigu berprotein sedang itu membelinya dimana merk apa yah?
Tks bunda

Isna Sutanto mengatakan...

Waalaikumsalam wrwb.

klo beli di toko bahan kue bilang protein sedang penjualnya pasti tau mba... atau bilang aja terigu merk segitiga biru :)

Mahdalena Swan Astrina mengatakan...

Mbak isna itu resepnya jadi berapa buah ? Makasih

Isna Sutanto mengatakan...

Hai mahdalena...

Hasilnya 12buah cetakan muffin yg kecil :)

Isna Sutanto mengatakan...

Hai mahdalena...

Hasilnya 12buah cetakan muffin yg kecil :)

Friska Maulia S mengatakan...

Hai mba isna salam kenal;)
Saya mau tanya, kalau resep ini dipakai untuk ukuran besar (misal: round20) itu bisa ga ya mba?

Octavia Safitri mengatakan...

Kalau untuk dikukus bisa ko mba boleh dicoba