Rabu, 08 Januari 2014

CHEESY TUNA MAKARONI PANGGANG



Ini masih posting hasil baking tahun lalu yaa yaitu makaroni panggang. Salah satu makanan favorit yang paling sering diminta anak-anak apalagi di request sama kaka Kayla. Untungnya yang diminta masih yang gampang-gampang aja buatnya jadi enggak masalah buat turun ke dapur murutin permintaannya  anak-anak dan udah jadi kewajiban juga sih buat saya ^^. Kali ini saya buat makaroni panggang dengan campuran tuna kalengan, tuna yang saya gunakan tuna in oil dengan tambahan keju cheddar yang melimpah karena ini juga berdasarkan pesanan juragan cilik.

Resep yang saya gunakan masih memakai resep makaroni panggang yang biasa saya buat, hanya isiannya saya yang disesuaikan dengan persediaan bahan yang ada atau sesuai selera. Resep sebelumnya pernah saya share disini yaa...






CHEESY TUNA MAKARONI PANGGANG

Bahan:
200 gram macaroni elbow
500 ml susu cair
100 gram tepung terigu
4 butir telur, kocok lepas
100 gram keju cheddar parut
130 gram tuna in oil kalengan
2 siung bawang putih, haluskan
1 buah bawang bombay, cincang kasar
1/2 buah wortel, parut kasar
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt pala bubuk (optional)
2 sdm margarin untuk menumis
  keju cheddar parut untuk taburan
 

Cara membuat:
  • Rebus macaroni hingga matang dan empuk. Beri 1 sdm minyak goreng pada air rebusan agar tidak lengket. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  • Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombay cincang. Tumis hingga layu. Tambahakan parutan wortel, aduk sampai rata. Masukkan tepung terigu, aduk sampai berbutir dan tercampur rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak bergerindil. Masak sampai kental.
  • Masukkan keju cheddar parut, garam, merica bubuk, kaldu bubuk dan pala bubuk. Aduk sampai keju larut. Masukkan tuna, aduk rata. Masukkan macaroni rebus, aduk rata. Angkat.
  • Masukkan kocokan telur, aduk hingga telur merata.
  • Tuang dalam pinggan tahan panas yg telah diolesi margarin.
  • Taburi atasnya dengan keju cheddar parut. Panggang hingga matang dan permukaannya kecoklatan. Sekitar 45 menit dengan suhu 180'C
  • Sajikan dengan saus sambal atau saus tomat.


Satu resep cheesy tuna makaroni panggang yang saya buat ini jadinya lumayan banyak 2 buah pirex cup dan sebuah square pinggan ukuran sedang. Alhamdulillah makaroni ini jadi santapan makan siang anak-anak, puas liat anak-anak senang dengan menu makan siangnya. Kebanggaan yang tak terkira tentunya yaaaa.... Oiya sisa makaroni panggang yang di pinggan ini paginya saya potong-potong lalu saya celupkan kedalam telur yang sudah dikocok lepas lalu di guling-gulingkan kedalam tepung panir kemudian di goreng, jadi deh makaroni tuna nugget untuk sarapan.
Selamat mencoba.... ^^


Tidak ada komentar: