Jumat, 24 Januari 2014

SOSIS SOLO






Ini pertama kalinya buat sosis solo, kalau makannya sudah sering doyan malah. Kebanyakan nemu jajanan ini di angkringan atau di warung penjual minuman hangat kaya wedang ronde. Sosis solo ini seperti keroket atau risoles tapi isiannya hanya daging tidak ditambah sayuran. Dan karena baru pertama kali buat jadi harap maklum yaa kalau hasilnya masih kurang rapih, saat menggulungnya tidak saya padatkan jadi lapisan dalamnya terbuka ketika digoreng menempel.

Resepnya ini saya contek punyanya Bunda Ricke yang sudah saya modif sesuai selera. Daging sapinya saya ganti dengan daging ayam giling biar anak-anak bisa ikutan ngemil karena gampang dikunyah. Dan saya menggunakan santan untuk adonan kulit dan isiannya kalau di resep aslinya hanya menggunakan air. Rasanya enak banget gurih dan kulitnya lembut karena hanya dilapisi  telur sebelum digoreng beda dengan jajanan sejenisnya seperti risoles atau keroket kentang yang menggunakan tepung panir.




SOSIS SOLO

Bahan kulit :
300 gram terigu protein sedang/tinggi
1 sdt garam
1/4 sdt merica
4 buah telur
700 ml santan encer
3 sdm margarin, leleh

Bahan isi :
500 gr daging ayam giling/cincang
6 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris
1 sdt garan
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt ketumbar bubuk
100 ml santan
minyak untuk menumis

Pelapis :
1-2 butir telur, kocok lepas

Cara membuat :
  1. Bahan isian :Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukan daging ayam aduk sampai berubah warna lalu tambahkan air. Beri garam,merica dan ketumbar bubuk aduk rata, biarkan sampai airnya berkurang/kering sambil sesekali diaduk. Tambahkan daun bawang aduk sebentar, angkat. BIarkan dingin.
  2. Kulit : Campur terigu, garam, merica dalam satu wadah. Aduk rata tambahkan telur dan air sedikit-sedikit sambil diaduk rata dengan whisk sampai halus. Saring biar adonan licin dan tidak bergerindil, masukan mentega leleh aduk lg sampai rata. 
  3. Olesi wajan anti lengket dengan margarin, tuang satu sendok sayur, buat dadar. Lakukan sampai semua adonan kulit habis.
  4. Penyelesaian : Ambil selembar kulit beri isian daging ayam. Lipat dan gulung. lakukan sampai habis.
  5. Panaskan minyak. Celupkan sosis kedalam kocokan telur, goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan
  6. Sajikan dengan cabe rawit atau sambal botolan.


 

3 komentar:

indah mengatakan...

Huhuu... Punya ku sma kayak mb isna. Berongga gtu sosisnya :( perasaan udh digulung dngn bener d.. Gmn caranya ya mba, biar mau bagus gulungannya??

Isna Sutanto mengatakan...

iya nih mba Indah, aku ngebentuknya belum bagus. kayaknya sewaktu diberi isian dan digulung sambil ditekan2 dan dipadatkan jadi kencang gulungannya. next mau coba lagi biar bisa rapih hasilnya :)

DAPUR BUNDA DIANI mengatakan...

1 resep jadi berapa buah mba?