Sabtu, 11 Januari 2014

PUDING GULA MERAH



Puding gula merah ini gak pernah ngebosenin suka banget sama rasanya yang legit dan gurih ini. Sudah lama kayaknya gak pernah buat puding ini karena seringnya buat puding atau jelly yang biasa saja yaitu puding yang dibuat sesuai dengan petunjuk di kemasannya itu. Puding gula merah ini buatnya cepat, simpel dan bahan-bahannya pun mudah didapat. Kebetulan masih punya gula merah dari kelapa oleh-oleh beberapa bulan yang lalu waktu mudik ke kampung halaman orang tua di Kutoarjo. Gula merahnya ini bener-bener asli dari kelapa tanpa campuran, wanginya enak dan sewaktu disaring benar-benar bersih. Bentuknya pun besar karena dicetak pakai batok/tempurung kelapa, saya simpan dalam wadah tertutup disuhu ruang alhamdulillah sampai berbulan-bulan tidak lembek/meleleh. Sayang saya baru inget kenapa gak saya foto dulu yaa si gula merah ini setelah masuk panci hehee.. telat deh.




PUDING GULA MERAH

Bahan :
- 1 bungkus agar-agar bening
- 250 gram gula merah
- 300 ml air
- 700 ml santan
- 2 lembar daun pandan
- 1 butir telur, kocok lepas


Cara membuat :
  • Masak gula merah, air dan daun pandan, aduk-aduk sampai gula larut dan mendidih. Angkat lalu saring dalam panci. Simpan lagi panci diatas kompor.
  • Masukan agar-agar dan santan dalam panci, aduk rata sampai mendidih.
  • Ambil kira-kira satu cup cairan agar-agar tuang dalan kocokan telur aduk cepat sampai tercampur rata. Tuang kocokan telur dalam panci agar-agar, aduk dengan cepat sampai tercampur dan mendidih. Angkat.
  • Tuang dalam cetakan yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air. Hilangkan uap panasnya lalu simpan dalam lemari es
  • Sajikan dalam keadaan dingin. 



Puding gula merah ini bisa juga dicampur kelapa muda yang diserut, tapi dimakan gini aja udah nikmat banget apalagi kalau ditambah kelapa muda makin yummy pastinya yaa. Selamat mencoba...^^


2 komentar:

ayudiah respatih mengatakan...

hm nyaám nyam. keaukaanku nih....:)

Isna Sutanto mengatakan...

Iya mba...Emang enak gak pernah bosen yaa ;)