Senin, 27 Januari 2014

TOM YAM



Tom yam dapat juga disebut dom yam adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu masakan Thailand yang terkenal. Di Thailand, tom yum yang dibuat dari udang disebut dengan (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur disebut juga (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur. Wikipedia. Ciri khas masakan Thai seperti Tom yam ini adalah mempunyai rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin dan asam.

Makanan berkuah cocok banget dinikmati di musim hujan seperti sekarang ini, karena hampir setiap hari hujan atau kalau pun hujannya gak turun biasanya hawanya saja yang dingin dan mendung. Yang kaya gini nih yang bikin males ngapa-ngapain dan paling pas sih tarik selimut lagi sambil menikmati makan hangat dan berkuah, hmm mantap tuh. Tom yam ini saya buat beberapa hari yang lalu karena masih memanfaatkan stok udang yang lumayan banyak di frezer, isiannya pun cukup simple hanya menggunakan udang, ayam dan jamur. Awalnya saya pengen buat tom yam seafood pakai cumi dan ikan tapi karena pagi-pagi sudah turun hujan yang lumayan deras jadi bapak tukang sayur gak lewat depan rumah dan untungnya masih punya fillet dada ayam dan jamur kalengan jadi pake yang ada aja yaa.






Resepnya saya liat dari Sajian Sedap, untuk bumbu tom yam nya menggunakan ebi/udang kering, bawang putih dan cabai kering yang digoreng lalu di blender beserta minyaknya, wanginya enak banget sedap. Karena waktu buat saya gak punya cabe kering jadi saya pakai cabe merah yang kecil di goreng sampai kering. Saya puas dengan resep ini hasilnya enak bener-bener rasa tom yam dan pedes asem nya mantap, kemarin udah beli cabe merah kering dan wajib diulang siapa tau rasanya jadi lebih top markotop hehe. Oh yaa tom yam kurang sip yaa kalau tidak pakai daun ketumbar karena ciri khasnya tom yam ada di wangi dan rasa daun ketumbar ini. Contoh daunnya seperti gambar diatas, daun ketumbar biasa disebut juga coriandrum. Tapi kalau pun gak nemu daun ini yaa gak papa, rasa pedes asemnya tom yam lebih kuat kok dan rasa sedapnya kuah  tom yam gak akan hilang cuma gara-gara si daun ketumbar ini hehee...



TOM YAM

Bahan-bahan : 
500 gram udang jerbung, kupas, belah punggungnya dan sisakan ekornya
200 gram daging ayam fillet, potong-potong
150 gram jamur kancing, iris
3 batang serai, ambil putihnya,
8 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 cm lengkuas, iris
10 buah cabai rawit merah utuh
3 sdm kecap ikan
2 1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
2 1/4 sdt gula pasir
2 1/2 sdm air asam dari 1 1/2 sendok teh asam jawa larutkan dengan 3sdm air
3 tangkai daun ketumbar, petiki
1 1/2 sdm air jeruk lemon
2 liter kaldu udang dari air rebusan kulit dan kepala udang

Bahan Bumbu Tom Yam:
3 sdm minyak goreng
1 sdm ebi
5 siung bawang putih
6 buah cabai kering


Cara membuat:
  1. Lumuri udang dengan 1/2 sendok makan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
  2. Bumbu tom yam: goreng ebi, bawang putih, dan cabai kering sampai harum. Angkat dan blender dengan minyaknya.
  3. Rebus kaldu udang, bumbu tom yam, serai, daun jeruk, dan lengkuas sampai harum.
  4. Tambahkan udang, ayam, jamur kancing, cabai rawit merah, kecap ikan, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  5. Masukkan air asam. Aduk rata. Tambahkan air jeruk lemon. Aduk rata.
  6. Sajikan dengan taburan daun ketumbar.



3 komentar:

Sanny Hoo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sanny Hoo mengatakan...

Mom aku ke semsem pgn masak tom yum lewat resep mom loh... Doakan aku berhasil yahh. Soalnya gak prnh masak sebelumnya.. Heheheee.. Ngiler loh liat foto tomyum nyaa.. Salam kenal ya momm... 😉

Isna Sutanto mengatakan...

haii sanny....

salam kenal juga yaa, semoga berhasil dan cocok yaa :)