Rabu, 22 Januari 2014

HAPPY 3rd ANNIVERSARY LBT. MILLE CREPES WITH CHOCOLATE CREAM CUSTARD





Alhamdulillah...sudah 3 tahun gabung di Group tercinta yaitu Let's get Baking Together (LBT), dan tepatnya tanggal 11 Januari kemarin adalah hari jadinya LBT yang ke-3. Bangga banget bisa gabung di group ini dari yang awalnya tidak bisa baking sampai sekarang sudah berani coba-coba membuat berbagai macam makanan sendiri walaupun hasilnya masih jauh dari kata sempurna. Dalam LBT dapat saling berbagi ilmu perbangkingan dan antar membernya tidak pelit untuk berbagi resep dan pengalaman, dan yang paling penting menambah tali silaturahmi. Karena LBT merayakan hari jadinya ini jadi tema untuk bulan ini yaitu "3rd Anniversary Let's get Baking Together" berkereasi dengan cake atau makanan  apa saja yang syarat utamanya tentu saja wajib dipanggan. Untuk ikut merayakan hari special ini saya coba membuat mille crepes atau cake crepes.






Mille crape adalah French cake/thousand layers cake, crepes yang disajikan dengan ditumpukan sampai tinggi dan disetiap lapisan crepes diberi filling. Filling yang biasa digunakan seperti whipcream, ganache, vla atau selai, dapat juga disisipi buah-buahan, coklat chip dan kacang-kacangan. Sudah lama ingin membuat mille crapes ini, tapi karena pembuatannya memerlukan waktu yang panjang dan benar-benar harus sabar jadi selalu maju mundur untuk mencobanya. Nah untuk kali ini saya sudah niat banget untuk mencoba mille crepes ini dan karena moment nya pun pas untuk persembahan di 3rd anniversary nya LBT jadi maju terus pantang mundur hehee... Resep yang saya gunakan resepnya Masam manis dan sudah saya modifikasi sesuai selera. Saya tidak memakai cake sebagai dasarnya dan untuk fillingnya saya membuat vla coklat dengan menambahkan dark coklat leleh ke dalam adonan vla nya dan ganache coklat yang disiram diatas crapenya. Karena saya menggunakan wajan anti lengket yang diameternya kecil 15cm jadi crepes yang dihasilkan lebih banyak dan tumpukannya terlihat tinggi setelah disusun. Agar lebih menarik bisa menghias mille crapes ini dengan buah-buahan, kacang-kacangan, coklat truffle atau yang paling sederhana yaitu taburan coklat bubuk.




MILLE CREPES WITH CHOCOLATE CREAM CUSTARD

Kulit Crepes
Bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang
20 gram tepung maizena
80 gram gula kastrol
500 ml susu cair
30 gram butter cair
1/2 sdt vanilli bubuk
4 btr kuning telur
sejumput garam

Cara membuat :
  1. Campur dalam satu wadah tepung terigu, tepung maizena dan garam, kemudian ayak.
  2. Masukan separuh susu cair kedalam campuran terigu, aduk rata sampai licin dan tidak bergerindil.
  3. Dalam wadah lain, satukan kuning telur, gula dan sisa susu cair. Aduk sampai tercampur rata.
  4. Tuangkan adonan telur kedalam adonan tepung aduk rata sampai adonan licin.
  5. Tambahkan butter yang sudah dicairkan dan vanilli bubuk, aduk hingga rata. Saring.
  6. Tutup wadah dengan plastik wrap dan simpan dalam kulkas kurang lebis 1jam atau semalaman.
  7. Siapkan teflon, panaskan dengan api kecil. Tuang 1 sendok sayur dalam wajan buat dadar tipis sampai permukaan kering dan bagian bawah kuning keemasan dan tdk perlu dibalik. Angkat. Lakukan sampai habis.
  8. Susun dadar bertumpuk tidak beraturan atau letakan plastik disetiap lapisan dadar agar dadar tidak kering dan mudah diambil/dilepas.



Chocolate Cream Custard
Bahan :
250 ml susu cair
80 gram  gula pasir (sesuaikan selera)
1/4 sdt  garam
30gram tepung maizena
30 gram  tepung terigu
3 btr  kuning telur
1 sdm  butter
150 gram  dark coklat/coklat blok
300 ml wippy cream (150 gram wippy cream bubuk+300 ml air es)
Cara membuat :
  1. Rebus susu cair, gula pasir dan garam hingga berbusa, aduk-aduk. 
  2. Dalam wadah lain campur maizena, tepung terigu, kuning telur dan susu. Aduk hingga bahan tercampur rata. Masukkan dalam rebusan susu dan gula. Aduk-aduk hingga meletup-letup, angkat.
  3. Tambahkan butter, aduk rata, dinginkan vla dalam suhu ruang
  4. Kocok wippy cream sampai mengembang dan kaku. Masukan  vla lalu kocok lagi asal tercampur rata.Tambahkan dark coklat yang sudah dilelehkan kocok hingga rata, simpan dalam kulkas.

Coklat Ganache :
50 ml cream kental
100 gram dark coklat
Cara membuat : Panaskan krim kental jangan sampai mendidih, masukan potongan dark coklat. Aduk sampai semua coklat meleleh tercampur rata dan licin. Buat ganache ini ketika akan di siram diatas crepes yang sudah selesai disusun.


Penyelesaian :
  1. Beri tiap lembar crepes dengan 1 sdm cream coklat, ratakan ke arah dalam. 
  2. Tumpuk lagi dengan selembar crepes beri cream begitu seterusnya sampai kulir crepes habis. 
  3. Apabila ketika ditumpuk susunan crepes tidak kokoh karena cream meleleh simpan dulu crepes dan cream coklat  dalam kulkas, lalu lanjutkan kembali.
  4. Tuang ganache diatas crepes dan hias sesuai selera.


 

Untuk waktu pembuatan yang lama dan melatih kesabaran cake ini buat saya hasilnya tidak mengecewakan, rasanya enak, lembut dan fillingnya seperti es cream coklat. Hanya saja mille crepes ini kurang lama saya simpan di kulkas jadi ketika di potong fillingnya belum set betul. Karena kalau harus nunggu crepes disimpan di kulkas sampai berjam-jam lagi semakin panjang deh waktu pembuatan mille crepes nya dan memang karena saya sudah gak sabaran juga buat liat layers nya apalagi nyicipin rasanya. Mille crape yang saya buat ini hanya disiram ganache saja tanpa hiasan apa-apa lagi karena tidak punya stok bery-berryan dan kalaupun harus buat coklat decorating lagi kayaknya sudah gak sanggup, jadi foto-fotonya pun standar dengan background dan stylis yang sama semua. Udah gak ada ide lagi, ceritanya sudah tepar nih hehe...



Semoga LBT tetap solid, selalu semangat dalam belajar baking, saling berbagi ilmu dan pengalaman yang selalu berkembang dalam dunia baking  dan yang paling penting jalinan persaudaraan LBTer jadi semakin erat. Happy 3rd Anniversary LBT...




1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wow.