Selasa, 14 Januari 2014

UDANG TELUR SAUS TIRAM



Alhamdulillah stok udah melimpah banget, belum juga habis udang dalam frezer eh udah dianterin lagi udang yang lumayan gede-gede sama tetangga. Tetangga sebelah rumah memang punya tambak udang dalam sebulan ini sudah berkali-kali panen dan setiap panen udang selalu dianterin, alhamdulillah rejeki gak kemana yaa... Kebetulan udang salah satu seafood favorit di rumah dan gak pernah bosen makan udang, mau dibuat apa aja laris manis. Menu udang saus tiram ini yang paling sering saya buat selain telur goreng udang dan udang goreng mentega, buatnya cepet, simple dan enak. Karena buatnya cepet jadi lebih mantap kalau udang saus tiram ini dimasak dadakan atau dimasak terus langsung disantap.






UDANG TELUR SAUS TIRAM

Bahan :
500 gr udang, bersihkan bagian kepalanya belah punggung dan buang kotorannya.
1 sdm air jeruk nipis
2 sdm minyak untuk menumis
1/2 bh bawang bombay, iris memanjang
2 siung bawang putih, cincang halus
1 butir telur, kocok lepas

Bumbu :
5sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
200 ml air
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdm gula pasir

Cara membuat :
  1. Lumuri udang dengan jeruk nipis, diamkan dalam kulkas selama 15 menit. 
  2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum lalu masukan udang sampai berubah warna kemerahan. Tambahkan saus tiram, kecap manis, saus tomat dan air aduk rata.
  3. Tambahkan garam, merica bubuk dan gula pasir icip rasanya.  Biarkan bumbu meresap lalu masukan kocokan telur aduk terus sampai tercampur rata dan mendidih. Matikan apinya. Angkat dan siap disajikan.


Paling nikmat menyantap udang telur saus tiram ini dengan cah kangkung yang super pedes. Emang seafood paling pas yaa dijodohin sama cah kangkung. Udang ini jadi menu makan siang beberapa hari yang lalu dan langsung ludes, Alhamdulillah.


Tidak ada komentar: