Selasa, 22 April 2014

ROTI TAWAR HOMEMADE



Sudah hampir 3 mingguan ini saya tidak pernah membeli roti tawar lagi, biasanya dalam seminggu bisa 3 kali beli roti tawar gandum si SR yang terkenal itu. Anak-anak apalagi ade Khansa hobi banget makan roti tawar biarpun cuma dioles susu kental manis coklat atau pakai meses. Apalagi kalau pakai nuttela,wah itu sih jangan ditanya yaa pasti suka banget hehe. Jadi awalnya waktu mau buang kemasan plastik si roti tawar SR iseng-iseng liat komposisinya, kaget banget dong waktu liat tulisan dengan jelasnya kalau roti tawar itu memakai bahan pengawet. Sedih....gemes...geregetan juga sih, kok baru tau sekarang yaaa sedangkan dalam sehari anak-anak bisa berkali-kali makan roti tawar.

Bukannya saya anti sama sekali nggak mau beli lagi, mungkin sekali atau 2 kali dalam sebulan sih masih boleh lah. Tapi kalau bisa buat sendiri kenapa harus beli yaa, yang jelas-jelas ada bahan adiktifnya biarpun itu dalam jumlah sedikit. Apalagi saya punya bread maker yang selama ini cuma saya pakai di menu dough dan pasta saja. Membuat roti tawar dengan bread maker sangat praktis, hanya dengan memasukan bahan yang basah terlebih dahulu baru bahan yang kering ke dalam wadah bread maker lalu menyetelnya di menu basic atau nomor 1. Tunggu selama 3,5 jam dan akan keluar  roti tawar yang menggoda dan masih panas dari dalam bread maker. Alhamdulillah bread makernya sekarang jadi sering dipake, nggak cuma jadi pajangan aja di dapur.



Saya memakai resep roti tawarnya NCC , tapi yang saya buat ini hanya setengah resep. Resep di bawah ini resep aslinya NCC jadi kalau mau buat setengah resep tinggal bagi dua saja, cara membuatnya juga secara manual dan dijelaskan secara bertahap. Seminggu yang lalu saya juga buat roti tawar coklat, insya Allah nanti saya share yaa resepnya.

ROTI TAWAR HOMEMADE

1 kg tepung terigu protein tinggi
11 gr ragi instan
20 gr susu bubuk full cream
100 gr gula pasir
2 btr telur
60 gr mentega putih
15 gr garam
475 ml air es

Cara membuat :
  1. Campur dalam wadah: tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan susu bubuk, aduk rata. Beri telur, tuangi air es secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata dan bergumpal-gumpal.
  2. Masukkan mentega putih dan garam, lanjutkan menguleni hingga adonan kalis elastis. Bulatkan dan istirahatkan 30 menit.
  3. Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu bagi adonan masing-masing 550gr. Bulatkan, lalu gilas, gulung padat memanjang. Taruh dalam loyang loaf yang sudah dioles minyak atau mentega putih. Diamkan selama 60 menit, hingga mengembang. Olesi bagian atasnya dengan campuran telur dan susu (1 btr telur, 2 sdm susu segar, ½ sdt garam, kocok lepas)
  4. Panggang dalam oven selama 20 menit, atau hingga matang dan permukaannya kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, olesi segera bagian atasnya dengan mentega.




2 komentar:

Anonim mengatakan...

Aslmkm mb Isna, aku penasaran nih ma bread makernya. Aku gak kebayang tu wajah si bread maker. Fotoin dong, mb. Ntar diposting bareng roti tawar coklat ya, hehehe...
Oya, merknya apa? Berapa harganya?
-ida-

Isna Sutanto mengatakan...

Waalaikumsalam wrwb.
halo mba ida, waah jadi penasaran yaa mba sama bread maker :). insya allah ntar saya share yaa penampakan si BM, ditunggu yaa ^^